PENGARUH TESTIMONIAL TERHADAP MINAT BELI UNTUK PRODUK BUKU BACAAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNAIR SURABAYA

RACHMAD KURNIAWAN, 040510705 (2010) PENGARUH TESTIMONIAL TERHADAP MINAT BELI UNTUK PRODUK BUKU BACAAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNAIR SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniawanr-15607-kkbkkb-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniawanr-15974-kkbkkb-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan testimonial pada produk buku bacaan non – fiksi yang terdapat pada cover buku terhadap niat beli. Penelitian ini membandingkan pengaruh antara testimonial atau resensi yang terdapat pada cover buku terhadap niat beli. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, maka peneliti melakukan teknik eksperimen dimana peneliti membuat dua buku yang merupakan replikasi dari buku The Next Evolution Of Economic and Marketing, dimana perbedaan antara buku satu dan dua terdapat pada jenis informasi yang digunakan yaitu testimonial dan resensi. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah believability yaitu seberapa besar pengaruh testimonial dan resensi dapat membuat konsumen percaya, selanjutnya variabel kepercayaan dan variabel persepsi resiko digunakan untuk mengukur niat beli konsumen akan produk buku tersebut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner kepada 200 partisipan yang terbagi menjadi dua yaitu 100 untuk partisipan testimonial dan 100 partisipan untuk resensi. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi Unair Surabaya. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah testimonial lebih mempengaruhi believability atau keyakinan partisipan atas buku dibandingkan dengan resensi. Penelitian ini juga menemukan bahwa tingkat kepercayaan konsumen pada buku yang menggunakan testimonial lebih tinggi dibandingkan dengan resensi, persepsi resiko konsumen pada buku yang menggunakan testimonial lebih kecil dibandingkan dengan persepsi resiko pada buku yang menggunakan resensi. Dan niat beli untuk produk buku yang menggunakan testimonial memiliki rata – rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata – rata niat beli pada buku yang menggunakan resensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 464 10 Kur p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RACHMAD KURNIAWAN, 040510705UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Dwi Utami, Dra. Ec. S., M.S .UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Jul 2011 12:00
Last Modified: 05 Oct 2016 09:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7488
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item