PERBEDAAN ANTARA CEBRA (CERAMAH, BRAINSTORMING) DENGAN CEBOOK (CERAMAH, BOOKLET) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERSONAL HYGIENE GENITALIA PADA REMAJA PUTRI

EVA ELMIYATIN, NIM. 131311133115 (2017) PERBEDAAN ANTARA CEBRA (CERAMAH, BRAINSTORMING) DENGAN CEBOOK (CERAMAH, BOOKLET) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERSONAL HYGIENE GENITALIA PADA REMAJA PUTRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 168_18 Elm p ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 168_18 Elm p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan reproduksi remaja merupakan hal penting menyangkut kondisi sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Kebiasaan personal hygiene genitalia yang kurang akan mengakibatkan masalah pada organ kewanitaan, seperti angka kejadian keputihan masih sangat tinggi terutama di kalangan remaja dan wanita. Meningkatnya angka kejadian tersebut perlu adanya upaya dalam pemeliharaan dan perawatan genitalia yaitu dengan meningkatkan kesadaran akan kemampuan personal hygiene genitalia. Dalam meningkatkan kesadaran bagi remaja perlu memperhatikan metode yang efektif untuk menyampaikan pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas metode dalam menyampaikan pendidikan kesehatan tentang personal hygiene genitalia pada remaja putri. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasy experimental pre test post test control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas X dan XI yang bersekolah di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Ranupakis sebanyak 60 remaja putri. Sampel penelitian menggunakan total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test danMann Whitney U Test dengan signifikasi ≤ 0,05. Hasil: Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa kelompok perlakuan dengan intervensi metode CEBRA secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan sikap (p=0,000), sedangkan pada kelompok kontrol dengan intervensi metode CEBOOK secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan sikap (p=0,000). Hasil Uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan (p=0,054), sikap (p=0,067) antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap personal hygiene genitalia pada remaja putri. Namun terdapat selisih bahwa metode CEBOOK memiliki hasil rata-rata yang lebih baik untuk meningkatkan pengetahuan, sedangkan metode CEBRA memiliki hasil rata-rata yang lebih baik untuk meningkatkan sikap personal hygiene genitalia pada remaja putri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 168/18 Elm p
Uncontrolled Keywords: personal hygiene; booklet; brainstorming; kesehatan reproduksi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
EVA ELMIYATIN, NIM. 131311133115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantTiyas Kusumaningrum, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
ConsultantIqlima Dwi Kurnia, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:59
Last Modified: 22 Oct 2018 10:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74986
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item