ANALISIS SERVQUAL MENGGUNAKAN POLAR DIAGRAM, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN ISHIKAWA DIAGRAM BESERTA USULAN PERBAIKANNYA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA KLINIK KESEHATAN FIRENA HUSADA KOTA BOYOLALI

DYAH ARY TRI PUSPITASARI, 041611223086 (2018) ANALISIS SERVQUAL MENGGUNAKAN POLAR DIAGRAM, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN ISHIKAWA DIAGRAM BESERTA USULAN PERBAIKANNYA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA KLINIK KESEHATAN FIRENA HUSADA KOTA BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 253-18 Pus a.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan jasa yang telah diberikan klinik kepada pasien, mengetahui pelayanan yang mana yang masih perlu dilakukan perbaikan, dan mengetahui faktor yang menjadi penyebab beserta memberi usulan perbaikan agar dapat meningkatkan pelayanan klinik kesehatan Firena Husada kota Boyolali. Data dasar yang digunakan diperoleh secara langsung dengan melakukan penelitian dan wawancara dengan pemilik klinik kesehatan Firena Husada. Latar belakang yang mendasari adanya penelitian ini dikarenakan adanya penurunan jumlah pengunjung klinik Firena Husada dalam beberapa bulan terakhir yaitu bulan Oktober 2017 hingga Maret 2018, dan untuk membantu klinik melakukan evaluasi atas pelayanan yang telah diberikan karena klinik tersebut belum pernah melakukan evaluasi pelayanan sebelumnya. Dengan metode kualitatif, dimensi servqual digunakan untuk mengetahui atribut apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien. Lalu dilakukan penyebaran kuesioner dan pengolahan data menggunakan SPSS 21 dan menghasilkan nilai kesenjangan atau GAP antara pelayanan kesehatan yang telah diterima dengan harapan yang ingin diterima dari pelayanan kesehatan pada klinik kesehatan Firena Husada. Berdasarkan analisis menggunakan Polar Diagram, dapat dilihat nilai kesenjangan terbesar adalah dimensi Reliability dengan nilai kesenjangan -0,31. Kemudian analisis dilanjutkan dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mencari prioritas dimensi yang perlu diberikan perbaikan. Dari hasil IPA tersebut, ditemukan bahwa atribut pertanyaan nomor 5 perlu mendapat perbaikan. Terakhir, Ishikawa Diagram digunakan untuk menelusuri akar permasalahan dan mencari solusi yang tepat untuk memberi kepuasan kepada pasien berdasarkan prioritas masalah yang dihasilkan dari analisis IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.253/18 Pus a
Uncontrolled Keywords: Service, Service Quality, Polar Diagram, Importance Performance Analysis, Ishikawa Diagram
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DYAH ARY TRI PUSPITASARI, 041611223086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHermawanto, Drs. ,M.Sc.,MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 22 Nov 2018 12:33
Last Modified: 22 Nov 2018 12:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75741
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item