PERAN SIX SIGMA DALAM MENGEVALUASI KUALITAS PRODUK PADA CV. CIPTA KARYA

Arie Wicahyanto, 040113797 E (2007) PERAN SIX SIGMA DALAM MENGEVALUASI KUALITAS PRODUK PADA CV. CIPTA KARYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-wicahyanto-5277-a15207-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7743.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas merupakan faktor dasar keputusan konsumen dalam menentukan produk dan jasa yang diinginkan. Arti kualitas pada awalnya dapat dibangun oleh perusahaan namun untuk selanjutnya perusahaan juga harus memperhatikan keinginan konsumen. Hal ini juga disadari oleh CV Cipta Karya sebagai perusahaan manufaktur yang bergerak di industri kayu dan furniture. Dengan pangsa pasar ekspor sebagai pangsa pangsa pasar utama, perusahaan dituntut untuk memperhatikan kualitas dengan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas dari produk Trellis B-02g sebagai produk utama untuk pangsa pasar ekspor. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa perusahaan masih rendah dalam kinerja produksinya yang dapat dilihat dari nilai sigma yang dihitung berdasarkan jumlah output yang dihasilkan dibandingkan dengan jumlah input yang hendak diproduksi. Setelah diteliti lebih lanjut, maka ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kegagalan produk dalam proses produksi. Dengan bantuan diagram fishbone dapat ditemukan faktor-faktor tersebut dan mencari akar penyebab masalahnya. Kemudian, dengan bantuan tabel FMEA maka diketahui urutan yang paling mendesak untuk diperbaiki dengan rencana tindakan (action plan) untuk mengurangi kegagalan produk atau bahkan meniadakan kegagalan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 152/07 Wic p
Uncontrolled Keywords: QUALITY OF PRODUCTS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Arie Wicahyanto, 040113797 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Sri Iswati, Dr., S.E., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 26 Sep 2007 12:00
Last Modified: 10 Jul 2017 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item