KOMUNIKASI ANTARA PELATIH DAN ATLET SHORINJI KEMPO DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI BUSHIDO (STUDI DESKRIPTIF PADA SHORINJI KEMPO)

SOPHIA JASMINE MARTHADI, 071411531016 (2018) KOMUNIKASI ANTARA PELATIH DAN ATLET SHORINJI KEMPO DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI BUSHIDO (STUDI DESKRIPTIF PADA SHORINJI KEMPO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.92 18 Mar k.pdf

Download (29kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.92 18 Mar k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.92 18 Mar k.pdf

Download (249kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada cara pelatih menyampaikan pesan nilai-nilai Bushido pada atletnya dan cara atlet menerima pesan nilai-nilai Bushido dari pelatihnya. Komunikasi interpersonal sangat potensial untuk menjalankan fungsi instrumental sebagai alat untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain, karena melibatkan kelima alat indera untuk mempertinggi daya bujuk pesan yang kita komunikasikan kepada komunikan. Seorang pelatih yang bertugas untuk melatih dan mendidik atletnya dan menerapkan ajaran-ajaran dalam beladiri Shorinji Kempo dengan skill melatih yang ia miliki serta cara-cara yang ia gunakan untuk mempermudah tugasnya dalam menerapkan nilai-nilai Bushido pada atlet serta bagaimana seorang atlet memiliki skill untuk menerima ajaran pelatih tersebut. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena nilai-nilai Bushido bagi seorang atlet olahraga Shorinji Kempo dianalogikan seperti halnya seorang individu yang diharapkan memiliki konsep diri positif. Dimana konsep diri positif individu akan mempengaruhi bagaimana perilakunya terhadap orang lain sehingga mempengaruhi kesuksesan membina hubungan interpersonal dengan orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pengambilan data secara kualitatif. Dengan metode kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan katakata tertulis lisan, maupun perilaku subjek penelitian untuk memperoleh informasi melalui Indepth Interview. Berdasarkan teori komunikasi komunikasi interpersonal yang melibatkan kelima alat indera dan sekaligus menjadi komunikasi yang paling baik karena bertatapan langsung dengan komunikan. Peneliti menjabarkan komunikasi interpersonal antara pelatih dan atlet shorinji kempo dalam menerapkan nilai-nilai bushido. Melalui penelitian ini, diperoleh hasil bahwa cara-cara yang digunakan oleh pelatih untuk menerapkan nilai bushido kepada atletnya tergantung sasarannya, pelatih yang memiliki atlet usia dini dan masih turun di nomor pertandingan embu akan berbeda cara penyampaian pesan nilai bushidonya dengan pelatih yang memiliki atlet dengan usia remaja dan telah turun di nomor pertandingan randori. Serta bagaimana atlet menerima pesan nilai-nilai bushido yang diberikan oleh pelatihnya dan menerapkan nilai tersebut di dalam kehidupannya bergantung pada metode apa yang digunakan oleh pelatih tersebut dan apa manfaatnya bagi kehidupan atletnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.92/18 Mar k
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pelatih, Atlet, Olahraga, Bushido
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SOPHIA JASMINE MARTHADI, 071411531016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Jan 2019 00:57
Last Modified: 08 Jan 2019 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77781
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item