HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN BULLYING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN

RIVO MEGA ZANU, 110911134 (2018) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN BULLYING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (884kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara harga diri dengan bullying pada remaja panti asuhan. Harga diri yang dimaksud adalah evaluasi dibuat oleh seseorang mengenai hal – hal yang berkaitan dengan diri sendiri yang dikemukan oleh Coopersmith (1967). Sedangkan, bullying adalah tindakan intimidasi yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah (Coroloso, 2007). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Alat penggumpul data adalah kuesioner berupa skala bentuk pendek dari Coopersmith Self Esteem Inventory (CSEI) untuk mengukur harga diri, sedangkan alat ukur bullying adalah Adolescent Peer Relations Instrument (APRI) yang telah diadaptasi dan ditranslasi. Penelitian ini dilakukan pada remaja panti asuhan di enam panti asuhan yang berada di Surabaya timur dan selatan yang berusia 11-19 tahun, dengan jumlah sampel (N) sebanyak 116 orang. Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara kedua variabel. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi harga diri maka bullying semakin rendah, begitu juga sebaliknya. Tingkat harga diri anak asuh sebagian besar berada pada kategori “sedang” dan “tinggi”, sedangkan untuk bullying sebagian besar berada pada kategori “sedang” dan “rendah”. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa harga diri merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan pengembangan perilaku bullying. Saran hasil penelitian, Penelitian selanjutnya yang memilih topik serupa dapat memperluas konteks penelitian. Tidak hanya dipanti asuhan, namun dilembaga kesejahteraan anak lainnya. Selanjutnya, untuk panti asuhan yaitu meningkatkan hubungan yang positif antara pengasuh dan anak asuh. Memberikan fasilitas yang baik serta adanya pengawasan dari orang dewasa untuk anak asuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 214/18 Zan h
Uncontrolled Keywords: Self esteem, Bullying, Adolesence, Orphanage
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.95-799.97 Adulthood
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
RIVO MEGA ZANU, 110911134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuryanto, Prof.,Dr.,M.Si.PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:44
Last Modified: 10 Jan 2019 04:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78251
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item