Teknik Pembesaran Ikan Bandeng (Chanos chanos) Di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara Jawa Tengah.

NISRINA HUSNIAH HANA KHALDA, 141511133058 (2018) Teknik Pembesaran Ikan Bandeng (Chanos chanos) Di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara Jawa Tengah. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 178-18 Kha t Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 178-18 Kha t.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan bandeng merupakan salah satu komoditas potensial dalam usaha budidaya yang memiliki keunggulan antara lain mudah dalam pemeliharaannya dan rentan terhadap serangan penyakit. Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan penghasil protein hewani yang tinggi. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui teknik pembesaran ikan bandeng (Chanos chanos) dan untuk mengetahui hambatan selama pembesaran ikan bandeng di BBPBAP Jepara Jawa Tengah. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara Jawa Tengah, pada tanggal 18 Desember 2017 sampai tanggal 16 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan yaitu metode deskriptif. Metode tersebut meliputi wawancara, pengamatan, dan partisipasi aktif selama proses kegiatan pembesaran bandeng. Data yang terkumpul terdiri atas data primer dan sekunder. Teknik pembesaran ikan bandeng yaitu persiapan tambak, pengapuran, pemupukan, penebaran gelondongan ikan bandeng, manajemen kualitas air, pemberian pakan, pengendalian hama dan penyakit, dan pemanenan. Disamping itu, perlu diperhatikan pula kadar kualitas air selama budidaya serta pengaturan sistem resirkulasi selama budidaya. Permasalahan yang timbul pada pembesaran ikan bandeng adalah adanya hama yang sering mengganggu budidaya, kondisi musim penghujan menyebabkan terganggunya stabilitas kualitas perairan tambak yang berpotensi memicu stress pada bandeng dan masalah kelengkapan peralatan dalam pengukuran kualitas air.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 178-18 Kha t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembesaran, Ikan Bandeng (Chanos chanos)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
NISRINA HUSNIAH HANA KHALDA, 141511133058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MPUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:36
Last Modified: 15 Jan 2019 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78785
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item