Teknik Pembenihan Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii) di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut, Lampung.

VERA ANDRIANA JIWANDONO., 141511133021 (2018) Teknik Pembenihan Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii) di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut, Lampung. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 179-18 Jiw t Abstrak.pdf

Download (51kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 179-18 Jiw t.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Bawal bintang (Trachinotus blochii) merupakan spesies budidaya perikanan laut yang terbilang masih baru di Indonesia. Meskipun demikian, permintaan terhadap ikan ini terus meningkat terutama dari pasar internasional. Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini, adalah mengetahui teknik dan permasalahan pembenihan ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii) di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung. Praktek Kerja Lapang ini telah dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung pada tanggal 18 Desember 2017 – 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif. Pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Sedangkan pengambilan data sekunder diperoleh dari data studi literatur, pustaka yang menunjang, laporan dari lembaga, instansi, dinas perikanan, pustaka dan pihak lain yang berhubungan dengan teknik pembenihan ikan bawal bintang. Kegiatan yang dilakukan dalam teknik pembenihan ikan bawal bintang adalah pemeliharaan induk, persiapan bak pemijahan, pemberian pakan induk, seleksi induk, penyuntikan hormon HCG, proses pemijahan, pemanenan telur, pemeliharaan larva, pemeliharaan benih, kultur pakan alami, perhitungan FR, HR dan SR, pengelolaan kualitas air, serta pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 179-18 Jiw t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembenihan, Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
VERA ANDRIANA JIWANDONO., 141511133021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnnur Ahadi Abdillah, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:46
Last Modified: 15 Jan 2019 04:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item