PENGAWASAN PROSES PRODUKSI SHRIMP BALL DI PT. CITRA DIMENSI ARTHALI JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA

RAFELIA NIRMALA PUTRI, 141511233075 (2018) PENGAWASAN PROSES PRODUKSI SHRIMP BALL DI PT. CITRA DIMENSI ARTHALI JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PKL PK BP 203-18 Put p-Abstrak.pdf

Download (38kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PKL PK BP 203-18 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (969kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang merupakan hasil perikanan yang mudah membusuk. Pengawetan dan pengolahan dilakukan untuk menghindari rusaknya bahan pangan dan untuk meningkatkan daya simpannya namun tidak mengurangi nilai gizinya. Salah satu usaha untuk meningkatkan daya simpan adalah dengan cara diversifikasi pengolahan hasil perikanan. Salah satu diversifikasi adalah shrimp ball atau baso udang. Pembuatan produk diversifikasi biasanya dilakukan skala industri. Industri pengolahan pangan memproduksi produk diversifikasi karena memiliki nilai ekonomis tinggi. Selama proses produksi di industri pengolahan pangan harus dilakukan pengawasan mutu dan pengawasan proses produksi. Pengawasan mutu produk dan pengawasan proses produksi dalam industri diperlukan industri pengolahan pangan agar mempermudah melakukan penilaian keamanan produk yang dihasilkan. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui penerapan pengawasan selama proses produksi dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan proses pengawasan proses produksi shrimp balldi PT. Citra Dimensi Arthali Jakarta Utara, DKI. Jakarta. Praktek Kerja Lapang ini telah dilaksanakan di PT. Citradimensi Arthali, di Perum Prasarana Perikanan Samudera, Jalan Pari Raya Blok N no 11-12 Muara Baru Ujung, Jakarta Utara, DKI Jakarta pada tanggal 18 Desember 2017 – 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif, dan studi pustaka. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa pengawasan proses produksi Srimp Ball di PT. Citra Dimensi Arthali sudah cukup bagus. Pengawasan dilakukan oleh QC, leader produksi dan pengendalian hama oleh pihak ketiga. QC bertindak sebagai pengawasan kualitatif, leader produksi bertindak sebagai pengawasan kuantitatif dan pihak ketiga ISS sebagai pengendalian hama. Pengawasan proses produksi dilakukan mulai dari tahap penerimaan bahan baku, cutting, mixing, forming, setting, cooking, freezing, packing dan cartoning dengan fokus pengawasan yakni terhadap bahan yang akan digunakan dan produk yang dihasilkan di setiap tahapan. Tidak didapatkan kendala yang berarti selama proses pengawasan berlangsung karena kendala akan muncul pada saat mesin rusak namun dapat diatasi oleh bagian teknisi.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 203/ 18 Put p
Uncontrolled Keywords: Shrimp Ball Production; Process Controlling; PT. Citra Dimensi Arthali, North Jakarta, DKI Jakarta.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsEmail
RAFELIA NIRMALA PUTRI, 141511233075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEka Saputra, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 15 Jan 2019 07:30
Last Modified: 15 Jan 2019 07:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78868
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item