PERANAN BELLBOY DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA TAMU DI HOTEL BEST WESTERN PAPILIO SURABAYA

Maskur Hambali, NIM. 151511113049 (2018) PERANAN BELLBOY DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA TAMU DI HOTEL BEST WESTERN PAPILIO SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FV MP 39_18 Ham p ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV MP 39_18 Ham p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dapat disimpulkan bahwa Bagian Bellboy merupakan salah satu bagian yang ada di Front Office Departement yang berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada tamu dalam menghandle barang bawaan tamu yang diantaranya luggage up, luggage down, move room, menjaga pintu, dan sebagai sumber informasi mengenai fasilitas yang ada di hotel. Kurangnya Koordinasi antara bagian bellboy dengan bagian operator dalam hal menjaga pintu karena adanya faktor kurangnya koordinasi atau kurangnya profesional kerja pada saat itu yang mengakibatkan keadaan penjagaan pintu kosong dengan waktu yang lama yang mengakibatkan beberapa tamu membuka pintu sendiri karena tidak adanya petugas yang menjaga. Permasalahan pada saat luggage up dan luggage down dikarenakan beberapa faktor kenapa lift servis lama karena semua departement menggunakan lift servis padahal Hotel Best Western Papilio Surabaya hanya memiliki satu lift servis saja. Pada jam-jam tertentu biasanya lift servis digunakan oleh bagian houskeeping dan bagian F&B mengambili barang kotor dari lantai setiap lantai biasanya dimulai dari lantai 36 yang mengakibatkan tambah lamanya mununggu lift servis dalam hal luggage up dan luggage down.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV MP 39/18 Ham p
Uncontrolled Keywords: bellboy,frontoffice, luggage up, luggage down, move room
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
T Technology > TX Home economics > TX955-985 Building operation and housekeeping
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Maskur Hambali, NIM. 151511113049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNovianto Edi Suharno, SST. Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jan 2019 10:14
Last Modified: 15 Jan 2019 10:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78925
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item