COMPLAIN TERHADAP PELAYANAN ROOM SERVICE PADA JAVA PARAGON HOTEL & RESIDENCES SURABAYA

ADITYA FEBRIYANTO, 151511113057 (2018) COMPLAIN TERHADAP PELAYANAN ROOM SERVICE PADA JAVA PARAGON HOTEL & RESIDENCES SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak kkb kk-2 fv.mp 43-18 Feb c-min.pdf

Download (23kB)
[img] Text (FULLTEXT)
kkb kk-2 fv.mp 43-18 Feb c-min.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2022.

Download (983kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dapat disimpulkan bahwa room service staff merupakan salah satu bagian yang ada pada food and beverage department yang berfungsi untuk melayani pesan antar makanan dan minuman dengan waktu operasional 24jam. Di dalam perusahaan di bidang perhotelan room service menerima orderan dari para tamu kamar melalui berbagai outlet yang ada yaitu the café, the avenue, citilites, ah yat abalone yang telah dijadikan satu untuk pelayanan room service. Food and beverage service dibagi menjadi beberapa section, yaitu buffet man, coffee and tea girl, room service, cashier, waiter and waiters. Buffer man bertugas untuk menjaga area buffet ketika area tersebut kotor dan ketika makanan ada yang perlu di refill. Coffee and tea girl bertugas sebagai pembawa kopi dan teh keliling ketika kopi atau teh tamu perlu di refill. Cashier bertugas sebagai penjualan dan pembayaran jika terjadi transaksi dengan tamu. Waiter and waiters bertugas untuk melayani para tamu yang sedang makan atau minum di outlet tersebut ketika datang hingga tamu itu pergi. Permasalahan yang terjadi pada room service bisa karena faktor kelalaian pihak room service, keterlambatan waktu datangnya pesanan. Kesalahan pada pihak room service disebabkan oleh kurang telitinya para staff room service, kesalahan ini dapat menyebabkan complain para tamu. Permasalahan tersebut terjadi karena kurangnya komunikasi antar staff room service dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi kesalahan pada pihak food and beverage product yang menyebabkan pihak room service terkena complain oleh tamu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP 43/18 Feb c
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX851-885 Dining-room service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA FEBRIYANTO, 151511113057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorANDY UMARDIONO, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Jan 2019 10:21
Last Modified: 17 Jan 2019 10:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item