PROGRAM E-WADUL (WADAH USULAN DAN KELUHAN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Responsivitas dan Transparansi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya)

Pramadita Waranandini, 071411133007 (2018) PROGRAM E-WADUL (WADAH USULAN DAN KELUHAN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Responsivitas dan Transparansi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.106 18 War p.pdf

Download (19kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.106 18 War p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.106 18 War p.pdf

Download (377kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengaduan merupakan bentuk ketidakpuasan yang diungkapkan masyarakat atas pelayanan yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai aspek responsivitas dan transparansi program e-Wadul (Wadah Usulan dan Keluhan) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, serta kendala yang dialami petugas maupun masyarakat sebagai pengguna layanan. Banyaknya laporan yang masuk membuat Dinkominfo melakukan sebuah inovasi layanan pengaduan. Tujuan dibentuknya e-Wadul adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih responsif, dan memudahkan masyarakat untuk melaporkan hal-hal yang ingin disampaikan secara cepat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian thick-description. Teknik penentuan informan dibagi menjadi dua, yaitu informan pemberi layanan yang menggunakan teknik purposive sampling, dan informan penerima layanan dengan teknik accidental sampling. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik tringulasi data digunakan untuk pengecekan, untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas dalam program e-Wadul pada Dinkominfo masih belum baik. Hal ini terlihat masih adanya keterlambatan respon kepada masyarakat yang melebihi batas ketentuan SOP, karena pihak e-Wadul tidak memiliki kewenangan sebelum mendapatkan balasan dari TPKPM (Tim Pelayanan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat). Sedangkan mengenai aspek transparansi, Dinkominfo telah menerapkannya dengan mampu bersikap terbuka mengenai proses dan prosedur dalam program e-Wadul, melakukan berbagai sosialisasi mengenai layanan pengaduan yang ada di Kota Surabaya, serta mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi. Namun demikian, layanan ini masih memiliki beberapa kekurangan terkait dengan penggunaan yang masih memiliki kendala teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.106/18 War p
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Responsivitas, Transparansi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Pramadita Waranandini, 071411133007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyuni Triana, Dr., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Jan 2019 06:59
Last Modified: 22 Jan 2019 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79335
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item