ANALISIS KUALITATIF MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM STUDI KASUS: AHAD-NET DAN TIANSHI

ANDINA DWI IRYANTI, 040217513 (2007) ANALISIS KUALITATIF MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM STUDI KASUS: AHAD-NET DAN TIANSHI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-iryantiand-8507-c2908.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-iryantiand-8507-c2908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan Multi Level Marketing (MLM) sebagai salah satu alternatif bisnis yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat saat ini sangat menarik minat masyarakat. Namun sebagai salah satu negara yang mayoritas berpenduduk muslim dan sebagai umat muslim itu sendiri, kita dituntut untuk memiliki institusi bisnis yang sesuai dengan syariat Islam. MLM menggunakan sister jaringan dalam memasarkan produknya. Secara umum, pada tahap awal, seseorang yang berminat untuk bekerja sebagai distributor MLM diwajibkan untuk membayar sejumlah uang iuran anggota, kemudian setelah bergabung distributor berkewajiban untuk melakukan belanja pada perusahaan MLM yang disebut Repeat Order (RO). Sistem insentifnya menggunakan sistem poin, yang dihitung berdasarkan omzet penjualan produk dan pengembangan jaringan distributornya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari perbedaan antara MLM konvensional dengan MLM Syariah, kemudian mencari tahu apakah terdapat unsur-unsur yang diharamkan dalam sistem kerja MLM. Hasil analisis menunjukan bahwa dalam bisnis MLM konvensional mengandung unsur-unsur yang diharamkan diantaranya perdagangan barang haram, gharar, penyimpangan akad ja 'alah dan dzalim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 29/08 Iry a
Uncontrolled Keywords: MULTILEVEL MAKETING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDINA DWI IRYANTI, 040217513UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYasid Baisa, Drs., Ec., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 21 Jan 2009 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item