PENGARUH KOMITMEN BEKERJA TERHADAP KINERJA CALL CENTER OUTSOURCING PT INDOSAT, TBK SURABAYA

Nila Widaningrum, 040510110 (2009) PENGARUH KOMITMEN BEKERJA TERHADAP KINERJA CALL CENTER OUTSOURCING PT INDOSAT, TBK SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-widyaningr-14265-b2010-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-widyaningr-12028-b2010-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Outsourcing merupakan sistem yang sedang populer di dunia kerja. Banyak keuntungan yang didapat dengan mempekerjakan karyawan outsourcing, namun terdapat pula kekurangannya. Kekurangan yang ditimbulkan ini bisa diminimalkan dengan menanamkan komitmen yang tinggi terhadap organisasi, sehingga kinerja dari para karyawan outsourcing tersebut bisa optimal seperti yang diharapkan oleh perusahaan yang mempekerjakan para tenaga outsource tersebut. PT. INDOSAT, Tbk Surabaya telah mempekerjakan para tenaga outsourcing sejak tahun 2004, pada bagian call center hampir seluruh karyawannya adalah karyawan outsourcing. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh komitmen yang dimiliki oleh para karyawan call center outsourcing terhadap kinerja mereka dalam menjalankan setiap pekerjaan yang diberikan. Variaber bebas dari penelitian ini adalah variabel bebas (X) Komitmen Organisasi yang terdiri dari Komitmen Afektif (X1), Komitmen Kontinuen (X2), dan Komitmen Normatif (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan dan diantara ketiga komitmen tersebut manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja karyawan (Y). Populasi penelitian ini adalah karyawan call center outsourcing PT. INDOSAT Tbk. Surabaya. Data diperoleh dari data primer yaitu kuisioner dengan menggunakan teknik sampling sensus dengan jumlah sempel sebanyak 50 karyawan. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan persamaan sebagai berikut : Y = - 0.104 + 0.432X1 + 0.349X2 + 0.251X3 Berdasarkan hasil pembuktian hipotesis menunjukkan bahwa secara bersamasama variabel bebas yang terdiri dari Komitmen Afektif, Komitmen Kontinuan, dan Komitmen Normatif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat terlihat dari nilai hitung Fhitung sebesar 108,505 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Variabel Komitmen Afektif mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kinerja karyawan yang dapat dilihat dari nilai standardized beta yang paling besar yaitu 0.382 dibandingkan dengan variabel bebas lainnya. Koefisien determinasi berganda Rsquare = 0.876 berarti sebesar 87.60% perubahan dari variabel kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel Komitmen Afektif (X1), Komitmen Kontinuen (X2), dan Komitmen Normatif (X3), sedangkan sisanya sebesar 12.40% dijelaskan oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 20/10 Wid p
Uncontrolled Keywords: PERFORMANCE STANDARD
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101-6720 Telecommunication
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Nila Widaningrum, 040510110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Nurtjahja Moegni, Dra., Ec., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 21 Dec 2010 12:00
Last Modified: 04 Sep 2016 09:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item