PENGARUH KETERLIBATAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN PARTISIPASI DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ANGGOTA KOMUNITAS BLACKBERRY DI SURABAYA

FITRIA ROSANTIE WIDYANINGRUM, 040730993 (2011) PENGARUH KETERLIBATAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN PARTISIPASI DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ANGGOTA KOMUNITAS BLACKBERRY DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-widyaningr-19899-b1011-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-widyaningr-16679-b1011-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan komunitas id-BlackBerry ini memberikan keuntungan sendiri bagi operator, karena dengan komunitas akan sangat terbantu dalam melakukan sosialisasi penggunaan BlackBerry. Semakin banyak pengguna BlackBerry, diikuti pula dengan komunitas-komunitas pecinta BlackBerry. Milis dan forum menjadi ajang untuk bertukar informasi maupun pengalaman seputar BlackBerry. Dengan Word of Mouth (WOM) terdapat keterlibatan, partisipasi, serta kepercayaan konsumen di dalam komunitas Blackberry. Keterlibatan merupakan motivasi utama bagi konsumen untuk berpartisipasi dalam komunitas virtual. Keterlibatan didefinisikan sebagai persepsi seseorang akan kadar relevansi personal akan suatu objek. Keterlibatan produk mengarah pada pencarian informasi, karena produk atau merek tertentu berkaitan dengan ego atau citra diri seseorang. Seseorang dapat berpartisipasi dalam komunitas konsumen dan mencari informasi ketika terlibat dalam merek atau produk tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan terhadap loyalitas merek pada anggota komunitas BlackBerry di Surabaya dengan partisipasi dan kepercayaan sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna BlackBerry yang menjadi anggota dalam komunitas id-BlackBerry di Surabaya. Sampel responden dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling. Sedangkan metode pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan accidental sampling. Teknik analisis menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil penelitian di dapat bahwa Keterlibatan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pada anggota komunitas BlackBerry di Surabaya, Keterlibatan pelanggan berpengaruh terhadap partisipasi pada anggota komunitas BlackBerry di Surabaya, Partisipasi berpengaruh terhadap kepercayaan pada anggota komunitas BlackBerry di Surabaya. Partisipasi berpengaruh terhadap loyalitas pada anggota komunitas BlackBerry di Surabaya. Kepercayaan terhadap loyalitas merek pada anggota komunitas BlackBerry di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.10/11 Wid p
Uncontrolled Keywords: keterlibatan, partisipasi, kepercayaan dan loyalitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FITRIA ROSANTIE WIDYANINGRUM, 040730993UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. Dwi Utami S, Dra., Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 27 Sep 2011 12:00
Last Modified: 04 Sep 2016 10:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item