PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP JOB BURNOUT DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SMP NEGERI 1 PAMEKASAN

EPSILAN FAISAL, 041211231001 (2019) PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP JOB BURNOUT DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SMP NEGERI 1 PAMEKASAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak B. 121 19 Fai p.pdf

Download (28kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext B. 121 19 Fai p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2022.

Download (695kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Globalisasi yang terjadi saat ini telah banyak mempengaruhi serta merubah cara hidup manusia. Globalisasi juga mendorong kemajuan suatu masyarakat diberbagai bidang diantaranya pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, politik serta membuka jalan bagi sebuah masyarakat untuk terhubung dengan masyarakat lainnya. Yang paling utama adalah pendidikan yang menjadi unsur utama disetiap bidang diatas. Bagaimana memberikan pendidikan yang berkualitas, untuk kemajuan dalam semua bidang, tentu dibelakang pendidikan yang berkualitas ada guru yang profesional dalam mengajarkan ilmu tersebut. Untuk menjadi guru yang berkualitas harus mampu menguasai Emotional Intelligence yaitu merujuk kepada kemampuan mengenali perasaan sendiri, perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dalam hubungan dengan orang lain dengan itu dapat menghindari Job Burnout. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Emotional Intelligence terhadap Job Burnout dengan Self Efficacy sebagai varibel mediasi pada SMP Negeri 1 Pamekasan. Dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran kuesioner yang melibatkan 50 guru tetap SMP Negeri 1 Pamekasan. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dan uji sobel untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Emotional Intelligence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap self efficacy sedangkan self efficacy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job burnout. Artinya self efficacy terbukti mampu memediasi secara penuh (full mediation) pengaruh emotional intelligence terhadap job burnout.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 121/19 Fai p
Uncontrolled Keywords: Emotional Intellegence, Job Burnout, dan Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EPSILAN FAISAL, 041211231001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNoertjahja MoegnI, Dra. Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:58
Last Modified: 01 Mar 2019 07:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item