EFEKTIVITAS PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE

Sayidah Aulia’ul Haque, 111614153040 (2019) EFEKTIVITAS PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TPsi 07 19 Haq e.pdf

Download (95kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TPsi 07 19 Haq e.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Efektivitas pelatihan metode pembelajaran anak usia dini berbasis Developmentally Appropriate Practice untuk meningkatkan keterampilan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian berbasis Developmentally Appropriate Practice di TK Al Mursyidien Surabaya”. Pembelajaran untuk anak usia dini merupakan pembelajaran mendasar dan penting bagi tumbuh kembang anak. Namun sayangnya, praktek pembelajaran anak usia dini di Indonesia masih banyak yang menyimpang dari tujuan utama pendidikan anak usia dini yaitu membantu anak mencapai tahap-tahap perkembangannya. Selama ini masih banyak praktik pembelajaran di sekolah kurang memperhatikan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini. Bentuk aktivitas anak usia dini prinsipnya adalah menyenangkan dan kebutuhan-kebutuhan khas anak usia dini dapat dipahami melalui developmentally appropriate practice (DAP). DAP adalah penerapan pengetahuan mengenai perkembangan anak dalam membuat program-program praktis yang sesuai dan menyenangkan bagi anak usia dini (Gestwicky, 2011). Banyak praktik pembelajaran di pendidikan anak usia dini (PAUD) yang masih belum sesuai dengan DAP. Hal ini tidak terlepas dari kurangnya pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik. Salah satu aspek kompetensi pedagogik yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah keterampilan merencanakan pembelajaran dalam hal ini berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang sesuai dengan DAP. Pelatihan metode pembelajaran anak usia dini berbasis DAP ini dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan keterampilan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang sesuai dengan DAP. Peserta pelatihan ini sebanyak 8 orang dan merupakan guruguru TK Al Mursyidien Surabaya. Data diperoleh melalui hasil checklist pada RPPH dan kemudian dilakukan analisis statistik nonparametrik wilcoxon signed rank test dengan menguji perbedaan skor sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,011 (p < 0,05) yang berarti bahwa terdapat peningkatan keterampilan penyusunan RPPH berbasis DAP sebelum dan sesudah pelatihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan metode pembelajaran anak usia dini berbasis DAP efektif untuk meningkatkan keterampilan penyusunan RPPH berbasis DAP

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi 07/19 Haq e
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran anak usia dini, developmentally appropriate practice, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1141-1489 Kindergarten
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Sayidah Aulia’ul Haque, 111614153040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNono Hery Yoenanto, Dr. , S.Psi., M.Pd., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:23
Last Modified: 14 Mar 2019 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80999
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item