EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA KLIEN PEMASYARAKATAN DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II MATARAM

BAYU FEBRIANTO, 111414153012 (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA KLIEN PEMASYARAKATAN DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II MATARAM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TPsi 10 19 Feb e.pdf

Download (65kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TPsi 10 19 Feb e.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecemasan yang terjadi pada klien pemasyarakatan sudah dirasakan sejak masih berstatus sebagai narapidana (Patandean, 2017). Mereka merasa takut akan banyak hal; merasa tidak memiliki apapun dan tidak layak untuk kembali ke masyarakat, merasa tidak mengetahui tentang dunia luar karena terbiasa hidup di dalam penjara (Chikadzi, 2017). Konseling kelompok realita merupakan sebuah proses komunikasi antara konselor dan beberapa konseli sekaligus (Astuti, 2012) mengenai pilihan-pilihan yang akan diambil dalam hidupnya. Dengan proses konseling kelompok realita, klien diajak untuk menyusun rencana-rencana yang akan digunakan untuk mencapai perubahan ke arah yang lebih baik (Glasser, 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas dari konseling kelompok realita untuk menurunkan kecemasan pada klien pemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan Kelas II Mataram. subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental – nonequvalent control group pre-test/post-test. Alat ukur yang digunakan adalah Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS). Hasil analisis data dengan menggunakan prosedur non parametrik Mann Whitney Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan intervensi, dengan nilai efektivitas. Artinya adalah konseling kelompok realita efektif untuk menurunkan kecemasan pada klien pemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan Kelas II Mataram.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi 10/19 Feb e
Uncontrolled Keywords: kecemasan, konseling kelompok realita, klien pemasyarakatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
BAYU FEBRIANTO, 111414153012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Kurniati Ambarini, , M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:47
Last Modified: 14 Mar 2019 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item