Teknik Pengolahan Cooked Tuna Loin Beku di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia Muncar, Banyuwangi

PAMELA., 141511233077 (2018) Teknik Pengolahan Cooked Tuna Loin Beku di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia Muncar, Banyuwangi. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 18-19 Pam t Abstrak.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 18-19 Pam t.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2022.

Download (906kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan ekonomis andalan Indonesia. Perkembangan perikanan komoditi tuna diikuti dengan berkembangnya industri pengolahan tuna. Salah satu jenis olahan tuna adalah produk tuna beku. Permintaan terhadap produk makanan frozen food terus meningkat karena dinilai penyajiannya mudah, produk higienis dan praktis. Cooked tuna loin beku merupakan olahan daging ikan tuna bentuk loin yang telah melewati proses pemasakan awal dan kemudian dibekukan sebelum didistribusikan. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui proses produksi cooked tuna loin beku di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada tanggal 18 Desember 2017 sampai dengan 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif observatif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan partisipasi aktif. Proses produksi cooked tuna loin di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia meliputi tahapan penerimaan bahan baku dalam bentuk segar maupun beku, sortasi dan pengujian mutu, penyimpanan di dalam cold storage, thawing, penyiangan, pendinginan, pembuangan kepala dan kulit ikan, pembentukan loin, trimming, metal detecting, penimbangan dan pengemasan, pemvakuman, pembekuan, penyimpanan beku dan pengiriman. Setiap tahapan proses, mutu bahan baku hingga mutu produk akhir diawasi dan dikendalikan oleh Quality Control sehingga mutu produk memenuhi standar yang telah ditetapkan perusahaan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 18-19 Pam t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pengolahan, Cooked Tuna Loin, Beku
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
PAMELA., 141511233077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka Saputra, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:09
Last Modified: 15 Mar 2019 07:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81099
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item