Analisi Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah KCI Surabaya

NORAINI, 040610525 (2012) Analisi Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah KCI Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-noraini-21867-febei2-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-noraini-18282-febei2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Layanan merupakan salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan oleh nasabah dalam memilih Bank. Pelayanan menjadi sangat penting ketika persaingan antara Bank kian ketat. Bank BRI Syariah KCI Surabaya sebagai salah satu dari beberapa Bank Syariah di Surabaya senantiasa perlu meningkatkan kualitas pelayanannya untuk menjaga kepuasan nasabahanya. Berdasarkan latar belakang yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan yang diwakili oleh dimensi sharia compliance, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Syariah KCI Surabaya. Sampel yang digunakan adalah 50 nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan alat statistik dengan metode alalisis regresi berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang pengumpulan datanya dengan metode survey menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Teknik pengujian dilakukan meggunakan alat bantu berupa software SPSS 12.0. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dimensi reliability, responsiveness, dan empathy secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah sedangkan dimensi sharia compliance, tangibles, dan assurance secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima sedangkan hipotesis kedua ditolak. Penelitian ini juga menghasilkan bahwa empathy adalah dimensi layanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Syariah KCI Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 22/11 Nor a
Uncontrolled Keywords: SERVICE QUALITY
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
NORAINI, 040610525UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAri Prasetyo, SE, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 16 Jan 2012 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 07:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item