KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BAGI PARA TRAVELLER (Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Penggunaan Media Sosial Oleh Para Traveller Yang Tergabung Pada Akun Instagram MTMA Di Kota Tulungagung)

Viona Nerisanti, 071311633034 (2019) KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BAGI PARA TRAVELLER (Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Penggunaan Media Sosial Oleh Para Traveller Yang Tergabung Pada Akun Instagram MTMA Di Kota Tulungagung). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.35 19 Ner k.pdf

Download (32kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.35 19 Ner k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.35 19 Ner k.pdf

Download (67kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diadaptasi dari acara televisi, My Trip My Adventure Tulungagung merupakan sebuah komunitas perjalanan para penjelajah dalam mengeksplore destinasi wisata yang menarik dan belum terekspose oleh media serta belum terjamah oleh masyarakat luas. Tulungagung sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang akhir-akhir menjadi pilihan terbanyak traveller dalam berwisata. Untuk mengetahui tempat-tempat wisata terkini para traveller tersebut mengakses informasi yang disediakan oleh komunitas My Trip My Adventure Tulungagung dalam konten Instagramnya. Dalam penalitian ini, peneliti menggunakan salah satu riset mengenai uses and gratifications yang dikembangkan oleh Philip Palmgreen dari Kentucky University yang memfokuskan pada Gratification Sought and Gratification Obtained. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam sampel sebanyak 100 responden dari follower aktif akun Instagram My Trip My Adventure Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Pengukuran variable menggunakan table frekuensi. Hasil analisa menunjukkan bahwa keinginan pengguna dalam mengakses akun media sosial Instagram My Trip My Adventure Tulungagung tergolong pada tingkatan kurang baik, dimana rata-rata menunjukkan pada nilai 1,99. Sedangkan tingkat kepuasan pengguna dalam mengakses akun media sosial instagram tergolong pada tingkat kurang baik juga, dimana rata-rata menunjukkan pada nilai 1,8. Yang artinya dapat digambarkan bagaimana keinginan pengguna memiliki taraf yang sama dengan kepuasan yang pengguna dapatkan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengguna memiliki keinginan yang dapat terpenuhi oleh kepuasan yang diperoleh ketika menggunaka akun Instagram My Trip My Adventure sebagai pemenuhan kebutuhan informasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.35/19 Ner k
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, gratification sought and gratification obtained, Media sosial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Viona Nerisanti, 071311633034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFitri Mutia, A.KS., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2019 10:23
Last Modified: 24 Jun 2019 10:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83617
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item