HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DENGAN KELELAHAN KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERATOR CCR (CENTRAL CONTROL ROOM) DI PT HOLCIM INDONESIA TBK CILACAP PLANT

MUTIARA BILQIS SEKAR MELATI ROMANDHANTY, 151511713014 (2018) HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DENGAN KELELAHAN KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERATOR CCR (CENTRAL CONTROL ROOM) DI PT HOLCIM INDONESIA TBK CILACAP PLANT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.HKK. 19 - 19 Rom h Abstrak.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Isi)
FV.HKK. 19 - 19 Rom h Daftar Isi.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FV.HKK. 19 - 19 Rom h Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.HKK. 19 - 19 Rom h.pdf
Restricted to Registered users only until 10 July 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelelahan kerja merupakan salah satu permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kecelakaan pada saat bekerja. Kelelahan pada pekerja dapat berdampak terhadap penurunan produktivitas kerja dan penurunan konsentrasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran hubungan variabel dependen (umur, masa kerja, status gizi, aktivitas merokok, shift kerja) dengan variabel independen (kelelahan kerja). Dari Hasil survey pendahuluan pada 12 pekerja diketahui sebanyak 58,3% di antaranya merasakan kelelahan pada shift malam karena penerangan yang kurang, mengantuk, sukar berkonsentrasi dan berkurangnya gairah untuk bekerja. Sedangkan 25% karyawan merasakan kelelahan pada shift pagi karena beban tugas yang lebih banyak. Sebanyak 16,6% karyawan juga merasakan kelelahan pada shift siang. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan operator CCR (Central Control Room) yang berjumlah 16 dan berjenis kelamin laki-laki. Tehnik pengambilan data kelelahan kerja menggunakan kuisioner 30 item gejala kelelahan umum IFRC (International Fatigue Research Committee of Japanese Association of Industrial Health). Hasil penelitian juga menunjukan terdapat hubungan faktor internal antara lain; umur, masa kerja, status gizi, aktivitas merokok, shift kerja dengan kelelahan kerja karyawan bagian operator CCR (Central Control Room). Kelelahan kerja dapat dikurangi dengan cara diadakan family gatering, menyediakan ruang kerja yang nyaman untuk karyawan. Disarankan bagi karyawan operator untuk mengurangi kelelahan kerja adalah sediakan kalori secukupnya sebagai input untuk tubuh, melakukan konsultasi dan penyampaian keluhan kelelahan serta perilaku yang dialaminya kepada ketua tim kerja maupun karyawan lainnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK. 19 - 19 Rom h
Uncontrolled Keywords: Kelelahan Kerja, Kuisioner IFRC, CCR (Central Control Room).
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
MUTIARA BILQIS SEKAR MELATI ROMANDHANTY, 151511713014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNeffrety Nilamsari, Dr., S.Sos., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 Jul 2019 05:01
Last Modified: 10 Jul 2019 05:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84807
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item