HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN STRATEGI KOPING TERHADAP TINGKAT STRESS PADA ISTRI YANG MENGALAMI MENOPAUSE DI WILAYAH KENJERAN SURABAYA

Andi Budrah Benazhir Anggy, 131411133025 (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN STRATEGI KOPING TERHADAP TINGKAT STRESS PADA ISTRI YANG MENGALAMI MENOPAUSE DI WILAYAH KENJERAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (446kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (236kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (342kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Menopause adalah suatu masa peralihan dalam kehidupan wanita yang menunjukan berhentinya aktivitas menstruasi, serta berkurangnya pembentukan hormone estrogen dan progesterone yang berpengaruh terhadap psikologi. Dukungan suami dan strategi koping akan menurunkuan tingkat stress pada wanita menopause. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dukungan Suami dengan Strategi Koping Terhadap Istri yang Mengalami Menopause. Metode: Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan populasi wanita menopause di Wilayah Kenjeran Surabaya. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dukungan suami, tingkat stress, dan strategi koping. Uji statistik spearman’s rho diaplikasikan dengan tingkat signifikansi ≤ 0,05. Hasil: Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara dukungan suami dengan strategi koping memiliki nilai signifikan sebesar p = 0,000 r = 0,611 dan menunjukkan adanya hubungan yang positif antara tingkat stress dengan strategi koping memiliki nilai signifikan sebesar p = 0,000 r = - 0,462. Diskusi: Dukungan suami serta tingkat stress memiliki pengaruh terhadap strategi koping pada wanita menopause. Faktor-faktor internal dan eksternal yang lain juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan strategi koping pada wanita menopause.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 117/19 Ang h
Uncontrolled Keywords: Menopause, Husband Support, Stress Level, Coping Strategy
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Andi Budrah Benazhir Anggy, 131411133025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAh. YusufUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:39
Last Modified: 18 Jul 2019 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85219
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item