Perilaku Keranjingan Musik Jazz di Kalangan Penggemar Musik Jazz(Studi Deskriptif Tentang Perilaku Keranjingan Musik Jazz pada Penggemar Musik Jazz di Kota Surabaya)

F.X. Mario Valentino Febryansach, 071311433065 (2019) Perilaku Keranjingan Musik Jazz di Kalangan Penggemar Musik Jazz(Studi Deskriptif Tentang Perilaku Keranjingan Musik Jazz pada Penggemar Musik Jazz di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS S 55 19 Feb p.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL F.X. Mario Valentino F. 071311433065.pdf

Download (335kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggemar musik jazz memiliki ketertarikan yang mendalam pada musik jazz. Ketertarikan penggemar musik jazz tidak hanya sebatas memahami musik musiknya melain juga seperangkat yang terkandung di dalamnya. Ketertarikan pada musik jazz menyebabkan penggemar meluangkan waktu untuk mendengar musik jazz dan mengkonsumsi produk-produk musik jazz. Ketika penggemar musik jazz mulai mendengarkan musik jazz dan mengkonsumsi berlebih maka muncul perilaku keranjingan. Menurut Paul Horton dan Chester L. Hunt perilaku keranjingan adalah perilaku ketagihan individu pada suatu hal. Keranjingan berbeda dengan kebiasaan. Keranjingan sangat susah dihentikan dan cenderung memberikan efek psikologis pada individu. Selain itu, keranjingan terjadi dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus. Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana proses terbentuknya perilaku keranjingan musik jazz pada penggemar musik jazz di kota Surabaya serta mengidentifikasi faktor-faktor apa yang mempengaruhi terbentuknya perilaku keranjingan tersebut dengan menggunakan teori kelompok primer dan celebrity worship. Paradigma yang digunakan untuk memahami permasalahan dalam penelitian ini adalah definisi sosial dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan orang yang terdiri dari musisi dan penggemar musik jazz di kota Surabaya. Metode penentuan subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara langsung dengan menggunakan instrument pedoman penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: 1) Proses keranjingan dapat dibagi menjadi tahap pengenalan, ketertarikan, kebiasaan dan keranjingan 2) Faktor- faktor yang mempengaruhi terbentuknya perilaku keranjingan antara lain faktor lingkungan sosial dan faktor idola. Faktor lingkungan memiliki pengaruh yang lebih besar dalam membentuk keranjingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 55/19 Feb p
Uncontrolled Keywords: musik jazz, keranjingan, ketertarikan, kebiasaan, pengenalan penggemar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
F.X. Mario Valentino Febryansach, 071311433065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf.Dr.Bagong Suyanto,Drs.,M.Si., NIDN: '0006096604UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Sep 2019 09:54
Last Modified: 25 Sep 2019 09:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87565
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item