ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI RUANG GURU SEBAGAI MEDIA PEMENUHAN INFORMASI AKADEMIK SISWA SMA DI KOTA SURABAYA DITINJAU DARI MODEL UTAUT2

Esty Dwi Cahyani, 071511633073 (2019) ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI RUANG GURU SEBAGAI MEDIA PEMENUHAN INFORMASI AKADEMIK SISWA SMA DI KOTA SURABAYA DITINJAU DARI MODEL UTAUT2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 65 19 Cah a.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL-ESTY DWI CAHYANI-071511633073.pdf

Download (523kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Istilah e-learning menjadi lebih popular belakangan ini, sehingga banyak sekali bermunculan platform atau sistem pendidikan modern berbasis online. Elearning sendiri sekarang banyak di aplikasikan karena teknologi dan internet yang ada membuat proses belajar mengajar menjadi lebih flexibel dan efisien tak terbatas ruang dan waktu. E-learning sendiri sebenarnya telah dikenalkan di Indonesia sejak tahun 2002, namun untuk sekarang ini, sistem atau platform e-learning yang sedang digemari atau popular di kalangan para siswa yang ada di Indonesia ialah ruang guru. Ruang guru sendiri merupakan salah satu platform berbayar yang diperuntukkan siswa dari jenjang SD-SMA, platform e-learning yang ada sebenarnya banyak sekali, bahkan telah lebih dahulu popular dan dapat diakses secara gratis, namun siswa-siswa di Indonesia lebih memilih aplikasi ruang guru yang berbayar untuk diakses. Itulah mengapa peneliti ingin menelitinya lebih dalam lagi terkait alasan tersebut, apa alasan dan bagaimana pemanfaatan aplikasi ruang guru itu sendiri bagi siswa ditinjau dari model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) yang dikemukakan oleh Venkatesh et al (2012). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif eksplanatif dengan teknik pengambilan sampel 100 responden menggunakan snowball sampling. Berdasarkan hasil olah data dengan metode SEMPLS, maka hasil penelitian yang didapat yaitu dari 9 variabel penelitian yang berasal dari model hanya ada 2 variabel yang berpengaruh yakni behavioral intention terhadap use behavior dan hedonic motivation terhadap behavioral intention. Kemudian dari 9 variabel tersebut hanya ada satu variabel yang paling berpengaruh atau memiliki pengaruh yang sangat tinggi yakni variabel hedonic motivation. Dari hasil tersebut maka didapat kesimpulan bahwa aplikasi ruang guru di sukai oleh banyak siswa karena menyenangkan dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu media belajar atau media pemenuhan informasi akademik mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 65/19 Cah a
Uncontrolled Keywords: E-learning, Ruang Guru, UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2).
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Esty Dwi Cahyani, 071511633073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul Halim, S.Si., M.Kom., NIDN: '0023017506UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:30
Last Modified: 08 Oct 2019 03:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88470
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item