THE REPRESENTATION OF INDONESIAN WOMAN IN COOLANT ADVERTISEMENT: RUNNING RACE

SUKMA ARUM PRATIWI, 121211231012 (2019) THE REPRESENTATION OF INDONESIAN WOMAN IN COOLANT ADVERTISEMENT: RUNNING RACE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.BE.97-19 Pra r abstrak.pdf

Download (322kB)
[img] Text
FS.BE.97-19 Pra r daftar isi.pdf

Download (320kB)
[img] Text
FS.BE.97-19 Pra r daftar pustaka.pdf

Download (314kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE.97-19 Pra r.pdf
Restricted to Registered users only until 21 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan gender sangat dinamis dan masih banyak dibahas dalam masyarakat. Hal ini bias dilihat dari banyaknya media yang mengemukakan masalah ini, termasuk iklan televisi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji representasi wanita terwakili dalam iklan Coolant: Lomba Lari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretasi. Data yang terdiri atas tangkapan layar video iklan diteliti menggunakan teori Gender Role dari Sue and Sue dan semiotika dari John Fiske sebagai metode. Video iklan ini menunjukkan adegan dimana seorang wanita bersedia menyerah pada pria, yang menyiratkan bahwa wanita tidak dapat melebihi posisi pria dalam keadaan apa pun. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa representasi perempuan dalam iklan ini adalah sebagai pendukung posisi laki-laki dan juga saluran energy bagi laki-laki untuk mengemukakan masalah peran gender tradisional dimana perempuan dianggap lemah, sementara laki-laki selalu menjadi yang lebih kuat. Hal yang paling mungkin dilakukan perempuan terhadap laki-laki adalah menjadi setara dengan mereka karena sifat perempuan menyulitkan mereka untuk memikul banyak tanggung jawab. Representasi ini menunjukkan potensi diskriminasi dan pengucilan bagi perempuan, yang dapat menyebabkan dampak negative seperti rasa tidak percaya diri. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk memiliki wawasan yang lebih dalam dan kritis tentang hal-hal yang disampaikan oleh media (literasi media) agar menyadari hal-hal yang mereka anggap baik dan nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BE 97/19 Pra r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Peran Gender, Iklan, Semiotika
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
SUKMA ARUM PRATIWI, 121211231012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGesang Manggala N.P.,S.A.,M.Hum, NIDN: '0014028504UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:27
Last Modified: 21 Oct 2019 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89526
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item