HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS I DI SD NAHDLATUL ULAMA BANAT BANIN LAMONGAN

WAHYUNI PUSPITA NINGRUM, 151611913107 (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS I DI SD NAHDLATUL ULAMA BANAT BANIN LAMONGAN. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV KP 34 19 Nin h.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV KP 34 19 Nin h.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV KP 34 19 Nin h.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV KP 34 19 Nin h.pdf
Restricted to Registered users only until 21 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan gadget yang salah dapat berdampak buruk salah satunya adalah nilai akademik atau tingkat prestasi. Penggunaan gadget dapat menjadikan anak lebih mengandalkan bermain gadget dari pada harus belajar. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan prestasi belajar pada anak kelas I di SD Nahdlatul Ulama Banat Banin Lamongan. Metode penelitian analitik dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 54 anak dengan menggunakan simple random sampling. Variabel independen adalah penggunaan gadget sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar. Penelitian diukur dengan menggunakan kuesioner dan hasil rapor UAS. Teknik analisa data menggunakan uji spearman α < 0,05. Berdasarkan uji spearman menunjukkan nilai p=0,001 (p < 0,05). Nilai ini menunjukkan bahwa ada hubungan penggunaan gadget dengan prestasi belajar anak kelas I SD, hasil koefisien korelasi adalah -0,439 yaitu menunjukkan terdapat hubungan yang sedang dengan arah korelasi negatif yaitu semakin tinggi tingkat penggunaan gadget maka semakin rendah prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian adalah ada hubungan penggunaan gadget dengan prestasi belajar anak kelas I SD. Oleh sebab itu, Diharapkan anak dapat menggunakan gadget dengan baik dan benar serta orang tua dapat melakukan inovasi dalam penggunaan gadget dan pihak sekolah dapat memberikan motivasi pada anak untuk menurunkan tingkat penggunaan gadget

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV 34/19 Nin h
Uncontrolled Keywords: Gadget, Prestasi Belajar, Anak
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
WAHYUNI PUSPITA NINGRUM, 151611913107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAmellia Mardhika, S.Kep.Ns.,M.Kes, 198509012009022012UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:13
Last Modified: 21 Oct 2019 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item