PERBEDAAN POLA KONSUMSI, TINGKAT KONSUMSI ZAT GIZI MAKRO, TINGKAT AKTIVITAS FISIK, DAN FOOD CHOICE MOTIVES PADA MAHASISWA OBESITAS DAN TIDAK OBESITAS

DEANDRA ARDYA REGITASARI SUTOYO, 101511233019 (2019) PERBEDAAN POLA KONSUMSI, TINGKAT KONSUMSI ZAT GIZI MAKRO, TINGKAT AKTIVITAS FISIK, DAN FOOD CHOICE MOTIVES PADA MAHASISWA OBESITAS DAN TIDAK OBESITAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FK.GZ.30-19 Sut p abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
FK.GZ.30-19 Sut p daftar isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
FK.GZ.30-19 Sut p daftar pustaka.pdf

Download (115kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FK.GZ.30-19 Sut p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obesitas menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia yang tidak hanya berpengaruh pada negara maju, tetapi juga memiliki pengaruh signifikan pada negara-negara berkembang. Salah satu penyebab paling umum adanya peningkatan berat badan adalah keseimbangan energi positif. Perubahan kebiasaan makan dan aktivitas fisik yang dialami mahasiswa dapat menjadi penyebab utama terjadinya obesitas, seperti penurunan kebiasaan makan sehat ditandai dengan penurunan konsumsi sayur dan buah, peningkatan konsumsi sumber makanan manis, minuman bersoda. Faktor yang mempengaruhi perilaku makan dan food choice motives pada mahasiswa yang dibedakan menjadi faktor individu, seperti preferensi rasa, kondisi stress pikiran, body image, ketersediaan waktu dan kemudahan, pengetahuan mengenai pola dan kebiasaan makan, riwayat kebiasaan makan, tingkat aktivitas fisik, rutinitas sehari-sehari, dan faktor lingkungan Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain case control. Total sampel penelitian adalah 66 mahasiswa dengan jumlah setiap kelompok sebesar 33 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, tebal lemak bawah kulit, pengisian kuesioner food frequency questionnaire, Habitual Physical Activity Questionnaire, wawancara 3x 24h Food Recall, dan wawancara yang mengacu pada Food Choice Questionnaire. Data dianalisis menggunakan SPSS v25.0 dengan uji chi square dan uji Mann Whitney.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.GZ 30/19 Sut p
Uncontrolled Keywords: tingkat konsumsi gizi, aktivitas fisik, mahasiswa, obesitas, food choice motives
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEANDRA ARDYA REGITASARI SUTOYO, 101511233019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorProf. Dr. Merryana Adriani, S.KM., M.Kes, -UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:25
Last Modified: 29 Oct 2019 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90110
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item