SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA EKSPOR PT SWAN UTAMA LOGISTIK SURABAYA

ALDINO RICKY PRADANA, 151611513003 (2019) SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA EKSPOR PT SWAN UTAMA LOGISTIK SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.SI.49-19 Pra s abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
FV.SI.49-19 Pra s daftar isi.pdf

Download (212kB)
[img] Text
FV.SI.49-19 Pra s daftar pustaka.pdf

Download (320kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.SI.49-19 Pra s.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir Sistem Sistem Informasi Pelayanan Jasa Ekspor PT Swan Utama Logistik Surabaya adalah untuk dapat mempermudah pelanggan dan pegawai perusahaan untuk melakukan kegiatan pelayanan jasa pengurusan dokumen ekspor menjadi lebih efektif dan efisien. Saat ini, kondisi PT Swan Utama Logistik dalam penerapan teknologi informasi dirasa sangat kurang untuk melakukan pelayanan jasa pengurusan dokumen ekspor. Karena itu dibutuhkan Sistem Informasi Pelayanan Jasa untuk pelanggan dan pegawai agar pelayanan dapat berjalan dengan cepat dan tepat. Sistem ini menangani empat proses utama yaitu proses pemesanan jasa ekspor barang, proses pengurusan dokumen kepabeanan ekspor barang, proses pembayaran jasa ekspor barang, dan proses pengelolaan laporan pelayanan ekspor. Sistem Informasi Pelayanan Jasa Ekspor pada PT Swan Utama Logistik Surabaya dibangun melalui lima tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan cara wawancara. Tahap kedua yang dilakukan adalah menganalisis permasalahan proses kerja sistem saat ini dengan membuat Document Flow Diagram (Docflow) dan Fishbone Diagram. Tahap ketiga yang dilakukan adalah mendesain User Interface (UI) sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Hierarchy Chart yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database digambarkan dengan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 10 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 10 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat yang dilakukan adalah menggambarkan sistem dengan Bagan Alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir yang dilakukan adalah melakukan uji coba sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pelayanan Jasa Ekspor yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis pada PT Swan Utama Logistik Surabaya yaitu dapat menangani bebarapa proses bisnis yang ada secara efektif dan efisien dan dapat menampilkan laporan sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 49/19 Pra s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan Jasa Ekspor, PT Swan Utama Logistik.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ALDINO RICKY PRADANA, 151611513003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFaried Effendy, NIDN0006068202UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 Nov 2019 06:18
Last Modified: 04 Nov 2019 06:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90445
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item