KOLABORASI PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI (PERSERO) DENGAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN SIDOARJO DITINJAU DARI PERSPEKTIF REINVENTING GOVERNMENT

Kemal Akbar Prayogo, 071511133082 (2019) KOLABORASI PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI (PERSERO) DENGAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN SIDOARJO DITINJAU DARI PERSPEKTIF REINVENTING GOVERNMENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis.AN.89-19 Pra k abstrak.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Fis.AN.89-19 Pra k daftar isi.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Fis.AN.89-19 Pra k daftar pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Fis.AN.89-19 Pra k Jurnal.pdf

Download (308kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.AN.89-19 Pra k.pdf
Restricted to Registered users only until 5 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi PT. Permodal Nasional Madani (Persero) dengan pemerintah dan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan melalui program Mekaar di Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari perspektif reinventing government. Program Mekaar merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan yang berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan. Penelitian ini menggunakan teori kolaborasi dari Chris Ansell dan Alison Gash dan teori Reinventing Government dari Osborne. Dalam teori Ansell dan Gash ini terdapat lima komponen proses kolaborasi, yaitu Diskusi Langsung, Membangun Kepercayaan, Komitmen pada Proses, Pemahaman Bersama, dan Hasil Sementara yang akan dikaitkan dengan sepuluh prinsip Reinventing Government, yaitu Pemerintah Bersifat Sebagai Katalis, Pemerintahan Milik Masyarakat, Pemerintah Kompetitif, Pemerintah Berorientasi Misi, Pemerintah Berorientasi Hasil, Pemerintah Berorientasi Pelanggan, Pemerintah Wiraswasta, Pemerintah Antisipatif, Pemerintah Desentralisasi, Pemerintah Berorientasi Pasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive, dimana informan yang terpilih merupakan pihak yang dianggap paling mengerti dan memahami tentang program tersebut. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah kolaborasi antara PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dengan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur dan Masyarakat jika ditinjau dari perspektif Reinventing Government dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan prinsip Reinventing Government. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan kolaborasi lebih dominan pada prinsip Pemerintah Bersifat Sebagai Katalis, Pemerintahan Milik Masyarakat, Pemerintah Kompetitif, Pemerintah Berorientasi Misi, Pemerintah Berorientasi Hasil, Pemerintah Berorientasi Pelanggan, Pemerintah Antisipatif, Berorientasi Pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 89/19 Pra k
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Kolaborasi Stakeholder, Reinventing Government.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kemal Akbar Prayogo, 071511133082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorProf. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com., NIDN:'0006056506UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:34
Last Modified: 05 Nov 2019 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item