PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN STRATEGI KOPING DAN PENURUNAN STRES TRAUMATIK PADA ANAK KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN LOMBOK UTARA NUSA TENGGARA BARAT

LIS TRIASARI (2019) PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN STRATEGI KOPING DAN PENURUNAN STRES TRAUMATIK PADA ANAK KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN LOMBOK UTARA NUSA TENGGARA BARAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 41 19 Tri p ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
TKP 41 19 Tri p DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
TKP 41 19 Tri p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 41 19 Tri p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Terapi bermain merupakan terapi yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak sebagai masa bermain pasca terpapar bencana. Melalui permainan, anak dapat mengekspresikan emosi dan pikiran mereka melalui bahasa universal tanpa bergantung pada verbalisasi. Metode: Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasy-Experimental dengan rancangan penelitian non randomized control group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar yang bersekolah di wilayah Kabupaten Lombok Utara. Sampel yang digunakan adalah 90 siswa yang sesuai dengan kriteria inklusi. Sampling yang dilakukan yaitu dengan Multistage Random Sampling kemudian dilanjutkan dengan Simple Random Sampling. Hasil dan analisis : Hasil statistik dengan menggunakan uji Paired t test didapatkan adanya pengaruh terapi bermain terhadap Problem Focused Coping pada kelompok intervensi (p = 0,000), adanya pengaruh terapi bermain terhadap Emotional Focused Coping pada kelompok intervensi (p = 0,001) dan adanya pengaruh terapi bermain terhadap stres traumatik pada kelompok intervensi (p = 0,000) Diskusi dan kesimpulan : Terapi bermain dapat membantu meningkatkan strategi koping dan menurunkan stres traumatik pada anak. Keefektifan terapi bermain dikarenakan anak lebih dapat berkomunikasi lewat permainan. Terapi bermain yang dilaksanakan di lingkungan sekolah menjadi lebih efektif karena sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga. Sekolah dapat menjadi tempat untuk anak mengekspresikan perasaannya dengan berbagi cerita bersama teman sebaya yang menurut mereka memiliki perasaan yang sama dengan mereka alami

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 41/19 Tri p
Uncontrolled Keywords: Anak, Strategi Koping, Stres Traumatik, Bencana Alam
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
LIS TRIASARINIM131714153035
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAh. YusufNIDN0001016716
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2019 00:45
Last Modified: 19 Dec 2019 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item