KEMANDIRIAN, KOMPETENSI, DAN INOVASI GENERASI MILENIAL DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK

MOCH. ALI MASHURI (2019) KEMANDIRIAN, KOMPETENSI, DAN INOVASI GENERASI MILENIAL DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena yang terjadi didalam organisasi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo dimana adanya benturan budaya didalam organisasi yakni generasi baby boomer lebih kaku didalam birokrasi, kurang mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Generasi milenial sangat familiar dengan TIK, serba instan dan menginginkan kemudahan dalam bekerja di organisasi, kurang suka atau bosan dengan rutinitas, dan lebih suka bekerja dibalik layar. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap motif, tindakan sosial, dan konstruksi sosial kemandirian, kompetensi, inovasi generasi milenial dalam pelaksanaan pelayanan publik berbasis elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan adalah pegawai Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo yang berusia kurang dari 37 tahun (generasi milenial) sebanyak 8 informan. Hasil penelitian ini bahwa motif kemandirian, kompetensi, dan inovasi generasi milenial dalam pelaksanaan pelayanan publik berbasis elektronik didapatkan pegawai generasi milenial ingin bekerja sesuai dengan aturan dan sistem yang berlaku serta ingin mengembangkan kemampuan yang dimiliki agar lebih profesional dibidang pelayanan publik. Tindakan sosial dalam kemadirian, kompetensi dan inovasi generasi milenial, didapatkan bahwa dalam tindakan rasional instrumental ada semangat meningkatkan kinerja pegawai yakni generasi milenial dalam menanggapi kondisi penilaian kinerja di lingkungan kerja secara objektif. Kemandirian, kompetensi, inovasi generasi milenial dikonstruksikan untuk mencapai visi, misi dan tujuan organisasi yaitu konstruksi sosial generasi milenial yang mandiri dalam pelayanan publik berbasis elektronik menunjukkan sikap untuk tidak bergantung kepada orang lain, melayani dengan baik meskipun berbeda karakter, bekerja sesuai dengan tupoksi dan bekerjasama dalam tim. Konstruksi sosial generasi milenial yang kompeten dalam pelayanan publik berbasis elektronik menunjukkan sikap berwawasan luas dan selalu terbuka akan adanya perubahan yang ada. Konstruksi sosial generasi milenial yang inovatif menunjukkan sikap memberikan pelayanan yang prima serta adopsi inovasi terjadi karena adanya faktor pendidikan, pembelajaran serta pengalaman kerja.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK Dis PSDM 08/19 Mas k
Uncontrolled Keywords: Independence, Competence, Innovation, Millennial Generation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
MOCH. ALI MASHURINIM091617067307
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSubagyo AdamUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:39
Last Modified: 26 Dec 2019 06:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93167
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item