PENINGKATAN SELF-EFFICACY MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI PROGRAM SARJANA ANGKATAN 2016 DALAM MELAKUKAN TINDAKAN SPLINTING DAN KURETASE BERDASARKAN PENGALAMAN SKILLS LAB

AYULFA PUTRI ARDANTI (2019) PENINGKATAN SELF-EFFICACY MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI PROGRAM SARJANA ANGKATAN 2016 DALAM MELAKUKAN TINDAKAN SPLINTING DAN KURETASE BERDASARKAN PENGALAMAN SKILLS LAB. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG 134 19 Ard p ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
KG 134 19 Ard p DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
KG 134 19 Ard p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG 134 19 Ard p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Profesionalitas dokter gigi dalam menjalankan pekerjaannya ditinjau dari kompetensi seorang dokter gigi dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. Berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga mencanangkan kurikulum berbasis kompetensi yang memiliki salah satu program yaitu skills lab sebagai pembelajaran yang melatih keterampilan klinik mahasiswa kedokteran gigi melalui pendekatan pada aspek psikomotor, kognitif, dan afektif. Sudah banyak uji yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan psikomotorik dan kognitif. Namun, aspek psikologis atau self-efficacy mahasiswa belum pernah diuji. Padahal, aspek psikologis sangat penting untuk menunjang kompetensi mahasiswa. Self-efficacy adalah kepercayaan diri seseorang untuk melakukan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa skills lab tidak meningkatkan self-efficacy secara signifikan pada mahasiswa profesi. Tujuan: Mengetahui peningkatan self-efficacy mahasiswa program sarjana kedokteran gigi dalam melakukan tindakan splinting dan kuretase berdasarkan pengalaman skills lab. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan metode cross-sectional. Mahasiswa program sarjana tahun 2016 diuji menggunakan MASS untuk membandingkan tingkat selfefficacy sebelum dan sesudah melaksanakan skills lab periodonsia.Analisa data SPSS v15 dengan Corrected Items-Total Corellation, Cronbach’s alpha, One- Sample Kolmogorov-Smirnov, dan Wilcoxon test. Hasil: Terdapat perbedaan selfefficacy yang signifikan antara sebelum dan sesudah skills lab periodonsia pada mahasiswa kedokteran gigi program sarjana. Simpulan: Skills lab periodonsia berpengaruh dalam meningkatkan self-efficacy mahasiswa kedokteran gigi dalam melakukan tindakan splinting dan kuretase.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.134/19 Ard p
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, skills lab, periodonsia
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
AYULFA PUTRI ARDANTINIM021611133031
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrma Josefina S.NIDN0016117903
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:12
Last Modified: 27 Dec 2019 03:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93215
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item