Kolaborasi Antar Stakeholder Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pada Sektor Umkm (Studi Pada Kampung Kreatif Eks Lokalisasi Dolly Kota Surabaya)

Navyta Ramadhania (2019) Kolaborasi Antar Stakeholder Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pada Sektor Umkm (Studi Pada Kampung Kreatif Eks Lokalisasi Dolly Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (480kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (668kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PENYAJIAN , ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kolaborasi antar stakeholder dalam sektor UMKM di Kampung Kreatif eks lokalisasi Kota Surabaya. Dalam sebuah kolaborasi terkadang terdapat perbedaan pendapat maupun kepentingan antar stakeholder yang menimbulkan suatu permasalahan. Selain itu peneliti tertarik mengkaji kolaborasi antar stakeholder UMKM kota Surabaya bertujuan untuk menjawab rumusan masalah berikut : 1) Bagaimana proses kolaborasi antar stakeholder dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyrakat pada sektor UMKM di kampung kreatif eks lokalisasi Dolly Kota Surabaya? Dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam mengkaji kolaborasi antar stakeholder dalam sektor kampung kreatif eks lokalisasi, peneliti menemukan komponen untuk menjawab rumusan msalah berikut: 1) Dari komponen pemahaman bersama yang terdiri dari tujuan bersama dan pengambilan keputusan, terdapat kepentingan yang berbeda-beda namun semua stakeholder memiliki tujuan yang sama, yakni peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, pengambilan keputusan dilakukan melalui proses diskusi yang dihadiri oleh semua stakeholder sebagai pertimbangan pengambil keputusan sesuai dengan asas demokrasi. 2) Dari komponen administrasi yang terdiri dari peran setiap stakeholder, terdapat kejelasan peran pada setiap stakeholder. Kejelasan peran ini memicu adanya hubungan saling ketergantungan. 3) Dari komponen kepercayaan, terdapat kepercayaan antar stakeholder. Hal itu terlihat dari penilaian kinerja stakeholder lain secara positif. 4) Dari komponen komitmen, dapat disimpulkan bahwa komitmen antar stakeholders baik. Hal tersebut dikarenakan komitmen setiap stakeholder merata. 5) Dari komponen mutualitas, terdapat hubungan saling melengkapi. Hal itu dikarenakan semua stakeholder mengakui adanya hubungan saling ketergantungan satu sama lain. Hal ini dipicu oleh kejelasan peran dari masing-masing stakeholder. 6) Dari komponen komunikasi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi yang terjalin dalam kolaborasi antar stakeholder di kampung kreatif sangat efektiv. Hal itu dikarenakan belum ada wadah online khusus stakeholder yang berkolaborasi di kampung kreatif. Selain itu, penyebaran informasi khusus stakeholder disebarkan secara berkesinambungan. 7) Dari komponen lingkungan kolaborasi, dapat disimpulkan bahwa lingkungan kolaborasi antar stakeholder di kampung kreatif sangat baik. Hal itu disebabkan oleh para stakeholder ikut andil dalam setiap kesulitan yang dialami warga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN 17/20 Ram k
Uncontrolled Keywords: kolaborasi, stakeholder, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kesejahteraan masyarakat
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Navyta RamadhaniaNIM071511133026
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR.Wahyuni TrianaNIDN0012066003
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:26
Last Modified: 02 Mar 2020 03:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item