Extra Role Behaviour Aparat Dalam Pelaksanaan Program “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati” Sebagai Upaya Menurunkan Angka Penularan Penyakit Pada Masyarakat Di Kecamatan Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur

Diraisnu Gozali (2020) Extra Role Behaviour Aparat Dalam Pelaksanaan Program “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati” Sebagai Upaya Menurunkan Angka Penularan Penyakit Pada Masyarakat Di Kecamatan Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN JUDUL .pdf

Download (576kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (351kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (761kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III PENYAJIAN, ANALISIS, DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (475kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui extra role behaviour aparat dalam pelaksanaan program “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati” serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sebagai upaya menurunkan angka penularan penyakit di DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 115 Tahun 2016 tentang Program “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati”. Cakupan program ini meliputi promotif, preventif, dan kuratif dengan mekanisme pelayanan door-to-door. Dalam pelaksanaan program tersebut melibatkan petugas puskesmas dan kader-kader kesehatan yang ada di wilayah provinsi DKI Jakarta. Untuk menjelaskan extra role behaviour digunakan teori Organizational Citizenship Behaviour oleh Organ. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik penentuan informan melalui purposive sampling, dengan menentukan key informant yang berkembang menjadi snowball. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati” di Kecamatan Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur, aparat harus menerapkan extra role behaviour. Dokter, perawat, bidan, dan kader-kader kesehatan harus menjalankan tugas melebihi tugas pokoknya. Hal ini bisa teridentifikasi dari dimensi altruism, sportmanship, civic virtue, conscientiousness, dan participation. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi extra role behaviour aparat adalah faktor budaya dan iklim organisasi serta faktor kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS AN 02/20 Goz e
Uncontrolled Keywords: Extra Role Behaviour, Penurunan Angka Penularan Penyakit, Program “Ketuk Pintu Layani Dengan Hati”
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Diraisnu GozaliNIM071611133054
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna SetijaningrumNIDN'0003067002
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 31 Jul 2020 13:01
Last Modified: 31 Jul 2020 13:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item