Analisis Manfaat Literasi Akuntansi Dan Kinerja Manajerial ( Studi Kasus Pada Kesejahteraan Dan Kebahagiaan Pemilik Umkm Batik Jarak Arum)

Saskia Anadine Ghassani (2020) Analisis Manfaat Literasi Akuntansi Dan Kinerja Manajerial ( Studi Kasus Pada Kesejahteraan Dan Kebahagiaan Pemilik Umkm Batik Jarak Arum). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (31kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PEMBANGUNAN PROPOSISI .pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2023.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2023.

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2023.

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2023.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2023.

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki analisis manfaat dari adanya penerapan literasi akuntansi dan kinerja manajerial bisnis terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan pemilik UMKM batik Jarak Arum Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplanatori dengan desain penelitian studi kasus ganda holistik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan penggunaan dokumen pendukung. Dengan menggunakan UMKM batik Jarak Arum sebagai subjek penelitian dan objek penelitian berupa proses literasi akuntansi dan kinerja manajerial yang dijalankan, serta manfaatnya pada kesejahteraan dan kebahagiaan yang dirasakan oleh pemilik UMKM. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik narrative analysis dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi akuntansi menunjang kinerja manajerial, dimana dengan adanya pencatatan dan laporan keuangan membantu pemilik dalam kegiatan perencanaan dan penilaian kinerja usaha, sementara kinerja manajerial menunjang kinerja keuangan usaha. Adanya literasi akuntansi dan kinerja manajerial juga bermanfaat dalam membangun kesejahteraan keuangan dan non-keuangan melalui kinerja keuangan yang baik, dimana kesejahteraan keuangan dan non-keuangan berhubungan erat dengan kebahagiaan khususnya pada aspek kepuasan keuangan (financial satisfaction) yaitu kebutuhan pribadi dan keluarga yang tercukupi dan perilaku keuangan (financial behavior) yaitu kepemilikan tabungan untuk kesejahteraan keuangan. Sementara untuk kesejahteraan non-keuangan, kesejahteraan secara sosial berperan penting dalam membangun perasaan positif atau kebahagiaan pemilik. Penelitian ini-pun merupakan penelitian pertama yang memberikan bukti empiris tentang manfaat yang diberikan dari penerapan literasi akuntansi dan kinerja manajerial pada kesejahteraan dan kebahagiaan pengusaha kecil batik perempuan di Surabaya dimana saat ini belum banyak yang membahas fenomena tersebut. Penelitian ini hanya berfokus pada UMKM batik Jarak Arum sehingga hasil dari penelitian ini tidak bisa digeneralisasikan ke subjek penelitian yang lebih luas yaitu UKM maupun UMKM batik lainnya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memakai metode survei dengan sampel yang lebih banyak ataupun eksperimen khusus dari mahasiswa untuk dapat membuktikan anlisis manfaat ini pada subjek penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.90/20 Gha a
Uncontrolled Keywords: UMKM; Literasi Akuntansi; Kinerja Manajerial; Kesejahteraan; Kebahagiaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Saskia Anadine GhassaniNIM041611333039
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang TjahjadiNIDN0004025702
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Aug 2020 13:04
Last Modified: 18 Aug 2020 13:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item