Muhammad Nabil Kinan Faris (2020) Dampak Overbooking Terhadap Hotel Bumi Surabaya City Resort. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (349kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 29 September 2023. Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 29 September 2023. Download (296kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV .pdf Restricted to Registered users only until 29 September 2023. Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text
kesediaan Nabil - Fadhil Halim.pdf Download (99kB) |
Abstract
Overbooking bisa menjadi permasalahan besar yang mengecewakan tamu dan bisa merugikan hotel. Namun demikian, bagi Manager Reservation yang menyukai tantangan yang mampu mengelola resiko yang penuh dengan ketidakpastian bisa sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak overbooking terhadap hotel Bumi Surabaya City Resort. Penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang teknik pengumpulan datanya diambil melalui observasi partisipatif, studi dokumen, dan wawancara secara purposive terhadap 18 informan, yaitu 3 wisatawan wisnus dan 3 wisman yang terkena dampak overbooking, 3 orang di bagian Reservation, 3 orang receptionist, dan 6 orang staff travel agent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa overbooking berdampak terhadap hotel, tamu yang menginap, dan agent pemesanan kamar sebagai perantaranya. Data penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan 72% informan mengatakan kecewa, 18% mengatakan tidak apa-apa, dan 10% mengatakan senang. Alasan kekecewaan cenderung karena harapannya tidak sesuai dengan apa yang didapatkan (E < P). Untuk yang mengatakan tidak apa-apa ataupun merasa senang cenderung karena alasan apa yang diharapkan sama atau lebih besar dari yang didapatkan (E ≤ P). Dari penelitian ini dapatlah disimpulkan bahwa overbooking berdampak negatif hingga 75% terhadap hotel Bumi Surabaya. Oleh karena itu, overbooking perludihindari
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV MP 08/20 Far d | ||||||
Uncontrolled Keywords: | impact, overbooking, hotel, guests, travel agent | ||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism | ||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2020 22:24 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2020 22:24 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99475 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |