PEMERIKSAAN STERILITAS SEDIAAN OBAT CUCI MATA BOORWATER YANG BEREDAR DI APOTEK APQTEK DI WILAYAH SURABAYA SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBRAN FILTRASI

DEWI ISADIARTUTI, 058410608 (2013) PEMERIKSAAN STERILITAS SEDIAAN OBAT CUCI MATA BOORWATER YANG BEREDAR DI APOTEK APQTEK DI WILAYAH SURABAYA SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBRAN FILTRASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-isadiartut-25752-14.bab-n.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan pemeriksaan sterilitas sediaan obat cuci mata boorwater yang beredar di apotek-apotek di wilayah Surabaya Selatan dengan menggunakan metode membran filtrasi. Untuk sediaan boorwater produksi apotek, diambil 40 sampel dari 67 populasi yang ada dan sampel diambil secara random. Sedangkan untuk sediaan boorwater produksi pabrik diambil 3 sampel, yaitu 3 merek boorwater produksi pabrik yang ada di apotek di wilayah Surabaya Selatan. Pelaksanaannya dikerjakan secara aseptis di dalam 'la­minar flow*, setelah larutan dari sediaan yang diperiksa difiltrasi, 'membran filter' dibagi menjadi 2 bagian. Satu bagian dimasukkan ke dalam tabung reaksi berisi media thioglikolat, kemudian diinkubasi pada suhu 30 derajat sampai 32 derajat selama 7 hari. Dan satu bagian dimasukkan ke dalam tabung reaksi berisi media kasamino, kemudian diinkubasi pada suhu 22 derajat sampai 25 derajat selama 7 hari, Kontrol positif dan kontrol negatif Juga dilakukan, Dari penelitian yang dilakukan, untuk sediaan boorwater produksi apotek, dari 40 sediaan yang diteliti, 37 se­diaan menunjukkan adanya pengotoran mekanis dan dari 40 sediaan tersebut semuanya tidak steril, Untuk sediaan boorwater produksi pabrik, dari 3 sediaan yang diteliti, 2 sediaan menunjukkan adanya pengotoran mekanis dan dari 3 se­diaan tersebut 2 sediaan tidak steril.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 332/89 Isa p
Uncontrolled Keywords: STERILIZATION
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
DEWI ISADIARTUTI, 058410608UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAugustina Adams, Dra.UNSPECIFIED
Thesis advisorI.I. Panigoro, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 22 Jul 2013 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item