Asro Xabilul Haq (2020) Aktivitas Konsumsi Dan Produksi Produk Populer Marvel Industry Dikalangan Penggemar Marvel. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (256kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB II)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 9 November 2023. Download (591kB) | Request a copy |
|
Text
3-Embargo - asro xabilul.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
Abstract
Marvel industry merupakan industri budaya populer yang telah mengeluarkan berbagai macam produk populer seperti film, komik, mainan dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut memunculkan penggemar yang sangat aktif dalam menikmati atau mengonsumsinya. Dalam aktivitas konsumsi yang dilakukan oleh penggemar marvel, perilaku guilty pleasure seringkali dilakukan oleh mereka. Aktivitas seperti, menonton film ke bioskop, mengoleksi komik, action figure, hingga extended consumption lain yang juga dilakukan oleh para penggemar dalam aktivitas konsumsinya. Akan tetapi, hal-hal rekreasional tersebut bukanlah satusatunya aktivitas yang dilakukan oleh para penggemar marvel, saat ini penggemar tidak hanya melakukan aktivitas konsumsi saja melainkan juga memproduksi karya atau produk buatan mereka sendiri. Aktivitas konsumsi yang sebelumnya dilakukan menjadi awal bagi mereka menciptakan karya mereka sendiri, para penggemar yang sudah sangat menggemari produk milik marvel pasti akan termotivasi untuk menciptakan karya mereka sendiri. Imajinasi para penggemar terhadap superherosuperhero milik marvel menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya aktivitas produksi yang mereka lakukan. Imajinasi juga menjadi sumber kreatifitas yang memunculkan adanya glocalization pada karya-karya buatan mereka. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi menggunakan teori prosumption milik George Ritzer. Studi ini juga mengungkap bagaimana aktivitas konsumsi, dan produksi penggemar marvel dalam kegemaran mereka terhadap produk populer milik Marvel Industry. Penelitian ini juga memperoleh temuan berupa tipologi penggemar dalam aktivitas prosumsinya, yaitu Common Prosumers dan Authentic Prosumers. Penelitian ini juga mampu dikembangkan melalui pendekatan cultural studies untuk lebih memahami perkembangan aktivitas dan budaya penggemar Marvel dalam masyarakat era populer saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.IIP.50-20 Haq a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Penggemar Marvel, Guilty Pleasure, Extended Consumption, Common Prosumers, Authentic Prosumers | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hardiansah pramana abdilah | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2020 19:51 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2020 19:51 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/100660 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |