PERCOBAAN PBNENTUAN PENGARUH ASAM TARTRAT TERHADAP PERURAIAN SUSPEKSI CHLORAMPHENICOL PALMITAT BENGAN METODA MENAIKKAN SUHU

MERDI JURETTA, FF 135 (2013) PERCOBAAN PBNENTUAN PENGARUH ASAM TARTRAT TERHADAP PERURAIAN SUSPEKSI CHLORAMPHENICOL PALMITAT BENGAN METODA MENAIKKAN SUHU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-merdijuret-29909-13.-bab--n.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT-1.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan percobaan penentuan pengaruh as. tartrat terhadap peruraian suspensi Chloramphenicol palmitat pada pH 3,6. Peruraian dipercepat dengan pemanasan didalam termostat pada suhu-suhu 40°, 50°, 60° dan 70°C. Sisa kadar Chloramphenicol palmitat yang belum terurai dltentukan setelah suspensi itu dipanasi selama waktu-waktu 5 jam, 10 jam dan 15 jam. Penentuan kadar dilakukan dengan cara Spektrofotometri dengan menggunakan alat Spektrofotometer dari Beckman Model DU. Pengamatan nilai absorbsinya dilakukan pada panjang gelombang 271 mu. Kadar sisa Chloramphenicol palmitat didapat dari per­hitungan dengan menggunakan rumus Beer-Lambert. Dengan rumus order reaksi kesatu didapat harga tetapan kecepatan peruraian ( K ) pada tiap suhu, lalu dibuat grafik Arrhenius yaitu log K vs I/T yang merupakan ga­ris lurus. Harga K pada suhu kamar (32°) didapat dengan cara ekstrapolasi dari grafik yang diperoleh ataupun dengan cara perhitungan dimana diketahui harga K pada suhu percobaan. Sehingga waktu kadaluwarsa karena pengaruh asam tar­trat, dapat diperhitungkan dengan memasukkan harga K pada suhu 32°C itu kedalam persamaan order reaksi ke Satu. Dari data yang diperoleh dalam penelitian setelah diadakan perhitungan ternyata diperlukan waktu kurang ebih tujuh hari untuk mencapai penurunan kadar menjadi 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fa Mer 1974
Uncontrolled Keywords: FARMASI
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
MERDI JURETTA, FF 135UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSITI SJAMSIAH, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 02 Aug 2013 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 16:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item