Sandra Sari E (2019) Efektifitas Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Terhadap Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Pada Pelajaran Matematika Di Sdn X Di Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf Download (214kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK .pdf Download (138kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI .pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB I)
4.BAB I .pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB II)
5.BAB II .pdf Restricted to Registered users only until 26 November 2023. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6.BAB III .pdf Restricted to Registered users only until 26 November 2023. Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7.BAB IV .pdf Restricted to Registered users only until 26 November 2023. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8.BAB V .pdf Restricted to Registered users only until 26 November 2023. Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 November 2023. Download (772kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Rigorous Mathemathical Thinking (RMT) dalam meningkatkan keterlibatan siswa (Student Engagement) pada pelajaran matematika. Rigorous mathematical thinking (RMT) merupakan metode pembelajaran matematika yang dikembangkan oleh James T Kinard dan Alex Kozulin (2008). Pendekatan RMT didasari oleh dua teori utama, yaitu Psychological tools oleh Vygotsky (1986) dan Mediated Learning Experience oleh Feuerstein (1990) dan keterlibatan siswa adalah konstruk yang relatif baru yang menggambarkan konsep yang beragam seperti perilaku di kelas, reaksi emosional, kepercayaan motivasi, proses pengaturan diri, strategi metakognitif, perasaan ikut serta memiliki sekolah, dan interaksi dengan bahan pengajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe pre-experimental design dengan jumlah subyek 46 siswa Sekolah Dasar kelas V. Alat ukur yang digunakan adalah dilakukannya pre-test dan post-test skala student engagement yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik parametrik. Berdasarkan perhitungan uji Paired sample t-tes, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05) dan nilai N-Gain 0,24. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa pada pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TPsi 19 20 San e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Student Engagement, Rigorous Mathematical Thinking, pelajaran matematika, siswa Sekolah Dasar | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hardiansah pramana abdilah | ||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2020 23:45 | ||||||
Last Modified: | 15 Dec 2020 23:45 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/101047 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |