PENERAPAN MARKETING INFORMATION SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN MENINGKATKAN CRM YANG DIDUKUNG DENGAN M - COMMERCE PADA PT. SUMA FOOD

Yan Toto Nugroho, 040439440 (2008) PENERAPAN MARKETING INFORMATION SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN MENINGKATKAN CRM YANG DIDUKUNG DENGAN M - COMMERCE PADA PT. SUMA FOOD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-nugrohoyan-955-a3606-k.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-nugrohoyan-955-a_36_06.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan antara perusahaan dan konsumen memegang peranan kunci dalam keharmonisan dan kelangsungan usaha. Persaingan yang semakin ketat dalam era perdagangan bebas memacu perusahaan memperbaiki kualitas produk dan manajemennya. Kebutuhan akan informasi mengenai pelanggan secara cepat, tepat dan akurat semakin dibutuhkan. Dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Dalam pelaksanaan CRM (Customer Relationship Marketing), Oh Lala Cafe belum dapat dinilai baik. Hal tersebut dikarenakan Oh Lala Cafe : data yang ada hanya berupa data manual, tidak ada database yang berisi data transaksi pelanggan secara individu; pemilihan event Oh Lala Cafe masih terbatas pada bidang tertentu; keputusan dibuat berdasarkan instusi pengelola, bukan berdasarkan data kebutuhan pelanggan. 2. Pada Oh Lala Cafe belum diterapkannya Marketing Information System (MKIS), hal tersebut terbukti dari : •data transaksi belum menunjang pelaksanaan CRM; data riset pelanggan belum terkomputerisasi. Sehingga output tentang produk dan harga hanya berdasarkan instusi pemilik. 3.Sebagian besar pelanggan Oh Lala Cafe adalah golongan menengah ke atas yang loyal terhadap Oh Lala Cafe. Dan sebagian besar pelanggan menggunakan handphone dan mampu membeli jenis PDA ataupun smart phone; 4.Walaupun penelitian dilakukan pada kelompok kecil, pelanggan menunjukkan bahwa mereka puas terhadap produk dan layanan Oh Lala Cafe, namun mereka akan lebih royal jika keinginan mereka diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 36/06 Nug p
Uncontrolled Keywords: INFORMATION STORAGE AND RETRIEVAL SYSTEMS - MARKETING; CAFETARIA BENEFIT PLANS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Yan Toto Nugroho, 040439440UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDEBBY RATNA DANIEL, DR. rer. pol., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 20 Apr 2006 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 03:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item