ANALISIS LOGAM BERAT PB DAN CD DALAM IKAN TERI (Stolephorus Sp.) DAN IKAN TONGKOL (Euthyninus Sp.) SECARA SPEKTROFOTOMETRI ABSROPSI NYALA ATOM

Angga Fazryn Lazuardy, 050212499 (2007) ANALISIS LOGAM BERAT PB DAN CD DALAM IKAN TERI (Stolephorus Sp.) DAN IKAN TONGKOL (Euthyninus Sp.) SECARA SPEKTROFOTOMETRI ABSROPSI NYALA ATOM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-lazuardyan-4511-kkbkk-2-k.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-lazuardyan-4511-ff7107-a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Analisis Logam Berat Pb dan Cd dalam ikan Teri (Stolephorus sp.) dan ikan Tongkol (Euthynnus sp.) yang hidup di sekitar pantai Kenjeran secara Spektrofotometri Absorpsi Nyala Atom. Penelitian ini dilakukan karena sekitar pantai Kenjeran merupakan tempat terakumulasinya limbah yang berasal dari aliran sungai Kali Surabaya menuju muara sungai Tambak Wedi dan Kali Kepiting yang berdekatan dengan pantai Kenjeran. Sedangkan ketiga jenis ikan yang diteliti banyak dikonsumsi masyarakat dan berada di sekitar pantai tersebut. Sampel merupakan hasil dari tangkapan nelayan setempat. Untuk ikan teri cendo dan ikan teri nasi diambil pada jarak ± 1 km dari tepi pantai (kedalaman 1-5 m) dan luas area pengambilan sampel sekitar ± 3 km, sedangkan untuk ikan tongkol diambil pada jarak ± 3-4 km dari tepi pantai (kedalaman 100 m) dan luas area pengambilan sampel ± 5 km. Hasil analisa kadar logam berat dalam (sampel basah) ikan teri dan daging ikan Tongkol yang dilakukan secara Spektrofotometri Absorpsi Nyala Atom didapatkan kadar berturut-turut ; Ikan Teri Cendo untuk Pb = 24,3 mg/kg dan Cd = 5,6 mg/kg, ikan Teri Nasi untuk Pb = 23,6 mg/kg dan Cd = 5,6 mg/kg, dan ikan Tongkol Pb = 23,2 mg/kg dan Cd = 4,4 mg/kg. Terhadap hasil yang diperoleh, dilakukan uji analisis varians (anova one way) dengan menggunakan program SPSS untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang bermakna antara jenis ikan terhadap kadar analit Pb dan Cd. Dari uji analisis varians (α= 0,05) diperoleh hasil ; bahwa di ketiga jenis ikan tidak ada beda yang bermakna terhadap kadar analit Pb dan ada beda yang bermakna terhadap kadar analit Cd. Dan uji HSD didapatkan hasil bahwa untuk jenis ikan Teri Cendo vs Tongkol dan Teri Nasi vs Tongkol, ada beda yang bermakna terhadap kadar analit Cd.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FF 71/07 Laz a
Uncontrolled Keywords: SPECTROPHOTOMETRY, ATOMIC ABSORPTION
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Angga Fazryn Lazuardy, 050212499UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAMIRUDIN PRAWITA, Prof. Dr. H. Apt.UNSPECIFIED
Thesis advisorHARJANA, Dra. Apt., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 02 May 2007 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 16:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item