Pengaruh Purifikasi Parsial - Kromatografi Filtrasi Gel Terhadap Aktivitas Fibrinolitik Tempe Kacang Koro (Canavalia ensiformis) Hasil Fermentasi Rhizopus oligosporus FNCC 6010

TITIK SUGIARTI, 051011044 (2014) Pengaruh Purifikasi Parsial - Kromatografi Filtrasi Gel Terhadap Aktivitas Fibrinolitik Tempe Kacang Koro (Canavalia ensiformis) Hasil Fermentasi Rhizopus oligosporus FNCC 6010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-sugiartiti-35644-6.ringk-n.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia memiliki makanan tradisional hasil fermentasi yang dikenal dengan nama tempe. Tempe merupakan makanan hasil fermentasi kacang-kacangan oleh jamur. Makanan tradisional hasil fermentasi juga dimiliki oleh negara lain seperti Jepang (natto), Korea (chungkook-jang) dan China (douchi). Makanan-makanan tersebut telah diteliti dan terbukti mengandung enzim fibrinolitik, yakni enzim yang mampu mendegradasi fibrin. (Kotb, 2012). Tempe merupakan makanan fermentasi tradisional Indonesia yang umumnya terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi menggunakan jamur Rhizopus sp. Namun, tempe juga dapat dibuat dari jenis kacang-kacangan (legume) yang lain. Salah satu tempe yang tebuat selain dari kacang-kacangan selain kedelai adalah tempe kacang koro. Pada penelitian ini digunakan jamur Rhizopus oligosporus untuk memfermentasi kacang koro menjadi produk tempe dan kemudian diuji aktivitas fibrinolitiknya menggunakan uji fibrin plate. Setelah dipastikan kandungan enzim fibrinolitiknya, dilakukan pengukuran aktivitas fibrinolitik dari ekstrak tempe kacang koro (crude enzim) berdasarkan kemampuannya dalam menghidrolisa fibrin sebagai substrat menjadi asam amino-asam amino.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF. KF. 43-14 Sug p
Uncontrolled Keywords: FIBRINOLYTIC
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
TITIK SUGIARTI, 051011044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Toto PoernomoUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 12 Feb 2015 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 08:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item