PENGEMBANGAN DAN VALIDASI METODE ANALISIS UNTUK UJI DISOLUSI TABLET KLARITROMISIN MENGGUNAKAN UPLC (Ultra Performance Liquid Chromatography)

Whina Puti Rum Kirana Banse, 051011268 (2014) PENGEMBANGAN DAN VALIDASI METODE ANALISIS UNTUK UJI DISOLUSI TABLET KLARITROMISIN MENGGUNAKAN UPLC (Ultra Performance Liquid Chromatography). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-bansewhina-35645-6.ringk-n.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Klaritromisin merupakan antibiotik makrolid semisintetik berspektrum luas dengan aktivitas yang sangat baik terhadap gram positif, gram negatif dan beberapa bakteri anaerob. Klaritromisin digunakan dalam pengobatan sejumlah penyakit bakteri seperti infeksi lambung Helicobacter pylori, saluran pernapasan atas, serta infeksi kulit. Klaritromisin termasuk dalam BCS (Biopharmaceutics Classification System) kelas II yang berarti obat tersebut memiliki kelarutan yang rendah dan daya permeabilitas yang tinggi (Bolourchian, 2013). Maka dari itu adanya rekomendasi untuk melakukan sebuah profil disolusi dalam berbagai media untuk klaritromisin (U.S Department of Health and Human Services, 1997). Tujuan penelitian ini adalah memperoleh kondisi optimal (komposisi fase gerak, kecepatan alir, volume penyuntikan, dan panjang kolom) analisis untuk uji disolusi tablet klaritromisin dengan menggunakan UPLC agar parameter faktor kapasitas (k’), simpangan baku relatif (RSD), tailing factor (faktor pengekoran), dan theoretical plate memenuhi persyaratan yang ditetapkan serta agar didapatkan run time kurang dari 10 menit. Selain itu, melakukan validasi metode analisis untuk uji disolusi (spesifisitas, linieritas, akurasi, pengaruh filtrasi, pengaruh autosampler, stabilitas, dan presisi antara) tablet klaritromisin pada kondisi optimal (komposisi fase gerak, kecepatan alir, volume penyuntikan, dan panjang kolom) dengan menggunakan UPLC. Pada penentuan spesifisitas didapatkan hasil tidak ada peak yang muncul bersamaan dengan peak klaritromisin, dan tidak ada gangguan yang melebihi 2%. Dari penentuan linieritas diperoleh persamaan regresi y= 259,46x+2599,45; r hitung= 0,999 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linier antara konsentrasi klaritromisin dengan area pada rentang konsentrasi 112,08-672,48 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF. KF. 44-14 Ban p
Uncontrolled Keywords: CLARITHROMYCIN
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Whina Puti Rum Kirana Banse, 051011268UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yuwono, Prof.Dr.Rer.nat. H. Apt., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 12 Feb 2015 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item