Studi Perbandingan Antara Metoda Spektofotometri Dengan Metoda Perhitungan Mengikuti Konstanta Hansch Dalam Penentuan Nilai Logaritma Koefesien Partisis (log P) Dari Beberapa Derivat Asam Barbiturat

Rine Anantje Raranta, 05791024 2 (2013) Studi Perbandingan Antara Metoda Spektofotometri Dengan Metoda Perhitungan Mengikuti Konstanta Hansch Dalam Penentuan Nilai Logaritma Koefesien Partisis (log P) Dari Beberapa Derivat Asam Barbiturat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rarantarin-24186-ff198-8-4.pdf

Download (85kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Binder4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Si fat Lipofilik ( kelarutan obat dalam lemak ) dari senyawa-senyawa organik telah ditemukan dalam ben tuk konstanta yaitu nilai logaritma koefisien partisilemak- air ( log P ), dimana log P ini memainkan peranan penting didalam kaitannya dengan aktivitas biologi suatu obat, hal ini disebabkan karena log P berkaitandengan absorpsi suatu obat yang berlangsung secara difusi pasif. Dalam penentuan konstanta log P, telah dicoba dengan berbagai metoda salah satunya adalah metoda perhitungan memakai konstanta % ( " pi ” ) Hansch Metoda ini adalah paling baik oleh karena dengan mudah dapat memperkirakan nilai log P terutama untuk senyawa atau obat-obat dengan variasi struktur yang luas. Telah dilakukan percobaan perbandingan antara metoda spektrofotometri dan metoda perhitungan memakai konstanta X ( " pi " ) Hansch didalam penentuan nilailog P dari beberapa derivat asam barbiturat?untuk mentukan nilai log P dengan metoda spektrofotometri dari derivat asam barbiturat dilarutkan dalam n-oktanol yang mana sebagai fasa lemaknya, kemudian ditambahkanbuffer fosfat ( pH = 7,4 ) sebagai fasa air. Zat yang terlLarut dalam fasa air ini diamati nilai absorpsinya dengan alat spektrofotometri pada panjang gelombang maksimum, sedangkan nilai log P yang ditentukan secara perhitungan didapat dengan jalan menjumlahkan harga-harga 7C dari komponen-komponen masing-masing gugus fungsionel, dimana harga-harga TC tersebut dapat dilihat dalam lampiran 1. Hasil dari percobaan ini menunjukkan bahwa tak adaperbedaan yang bermakna antara nilai log P yang diperoleh dengan metoda spektrofotometri dan nilai log P dengan metoda perhitungan memakai konstanta 7C Hansch.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 198/87 Ran s
Uncontrolled Keywords: SPEKTOFOTOMETRI ;
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Rine Anantje Raranta, 05791024 2UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBAMBANG SOEKARDJO, Drs. S.UUNSPECIFIED
Thesis advisorI.B.PASHA, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 01 May 2013 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 18:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10568
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item