Dinar Innova (2015) Dinamika Pemilihan Karir Siswa Cerdas Istimewa (Gifted). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf Download (701kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2.DAFTAR ISI.pdf Download (479kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3.ABSTRAK.pdf Download (599kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (654kB) |
|
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
5.BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 20 April 2024. Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6.BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 April 2024. Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
7.BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
8.BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (621kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 April 2024. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dinamika pemilihan karir dengan menelusuri proses pemilihan karir serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir pada siswa cerdas istimewa di SMAN 1 Gresik. Teori yang digunakan pada teori ini yaitu menggunakan perspektif Social Cognitive Career Theory yang dikembangkan oleh Lent, Brown, dan Hackett (1993) yang berusaha menelusuri kompleksitas hubungan antara seseorang dengan karirnya terkait dengan konteks, antara faktor kognitif dan faktor interpersonal dan antara self directed dengan faktor eksternal yang dikenakan sehingga nantinya dapat mempengaruhi career behavior. (Brown, 2002). Subjek penelitian merupakan siswa yang diidentifikasi memiliki potensi keberbakatan sesuai dengan konsep 3 cincin dari Renzulli. Jumlah subjek terdiri dari subjek primer dan sekunder. Subjek primer berjumlah sebanyak 14 siswa gifted, yang terdiri dari 10 siswa berjenis kelamin perempuan dan 4 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan 3 subjek sekunder merupakan guru yang berkaitan dengan proses pembelajaran siswa gifted di sekolah. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kuisioner, wawancara (face to face dan internet), dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis tematik Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemilihan karir siswa cerdas istimewa diawali dari pembentukan minat-penetapan tujuan-tindak penerapanperforma capaian. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir yaitu pengalaman belajar yang merupakan hasil interaksi atribut personal dengan lingkungan dimana siswa cerdas istimewa berinteraksi, penilaian kemampuan, ekspektasi hasil, dan lingkungan kontekstual. Dinamika pemilihan karir merupakan integrasi dari proses pemilihan karir dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. proses ini berkelanjutan dan terus menerus berjalan seiring dengan bertambahnya informasi dari pengalaman belajar siswa cerdas istimewa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemilihan karir, siswa, keberbakatan (giftedness) | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:37 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2021 22:06 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105898 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |