Dimas Masunga Raditya (2013) Gambaran Psychological Wellbeing Pada Remaja Yang Mengikuti Pendidikan Home-Schooling Remaja, Psychological wellbeing, Home-schooling. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1.halaman judul.pdf Download (628kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (580kB) |
|
Text (Bab I PENDAHULUAN)
3.BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (600kB) |
|
Text (bab ii)
4.BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
5.BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV HASIL PENELITIAN)
6.BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V SIMPULAN)
7.BAB V SIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (560kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9.lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penyelenggaraan home-schooling masih menjadi topik perdebatan untuk dilihat pengaruhnya pada siswa yaitu terkait dengan kemampuan siswa home-schooling dalam menghadapi tantangan hidup, kemampuan sosialisasi dan prestasi akademik siswa, semuanya memiliki relevansi dengan konsep psychological well-being. Namun dari berbagai penelitian yang telah dilakukan tentang home-schooling, masih sedikit yang secara langsung membahas keterkaitannya dengan well-being. Penelitian-penelitian tersebut masih terbatas membahas tentang isu-isu terpisah yang masing-masing dapat menyumbang terhadap kondisi well-being seseorang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya, yaitu untuk melihat gambaran psychological wellbeing remaja secara langsung dengan menggunakan perspektif teori psychological wellbeing dari Carol Ryff yang berasal dari dasar filsafat eudaimonic. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan enam dimensi well-being dari Ryff (1989) yaitu: autonomy, personal growth, self-acceptance, purpose in life, environmentall mastery dan positive relationship with others. Penelitian dilakukan pada 2 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki berusia antara 14-17 tahun yang mengikuti home-schooling tipe komunitas di Surabaya. Informasi mengenai gambaran psychological wellbeing diungkap melalui metode wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang kemudian di analisis. Hasil penelitian ini menunjukan keempat partisipan memiliki psychological-wellbeing yang menonjol dalam dimensi positive relationship with others dan environmental mastery. Kemudian faktor-faktor yang paling berkontribusi pada pembentukan psychological wellbeing remaja yang mengikuti pendidikan home-schooling, yaitu: sarana dan prasarana di home-schooling, faktor kuantitas mata pelajaran, faktor kedekatan dengan tutor, kedekatan dengan teman di home-schooling, dan kedekatan dengan orang tua mereka masing-masing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Psychological wellbeing, Home-schooling | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2021 04:48 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2021 04:48 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106081 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |