Reni Astasari (2015) Penerapan Metode Sight Word dengan Strategi Fading Pictorial dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak dengan Retardasi mental Ringan. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (651kB) |
|
Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (640kB) |
|
Text
3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (674kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (638kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (721kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (608kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (615kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (797kB) | Request a copy |
Abstract
Membaca merupakan syarat harus dipenuhi oleh siswa dalam pendidikan formal. Proses belajar membaca bagi siswa dengan retardasi mental ringan bukanlah hal yang mudah sehingga permasalahan yang umumnya terjadi di sekolah inklusi adalah kurang mampu menyelesaikan masalah kesulitan membaca pada anak dengan retardasi mental ringan. Sampai saat ini belum ada metode pengajaran membaca yang khusus bagi anak dengan retardasi mental ringan di sekolah inklusi. Pada umumnya sekolah masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan teknik mengeja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan metode pengajaran membaca pada siswa dengan retardasi mental ringan sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca. Metode sight word dengan strategi fading pictorial merupakan salah satu metode yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak dengan retardasi mental ringan. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian kasus tunggal (singlecase experimental design) dengan desain eksperimen multiple baseline, yaitu menekankan perubahan perilaku setelah intervensi. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan retardasi mental ringan. Penelitian ini pada awalnya menguji kondisi initial baseline masing-masing subyek, pemberian intervensi, finalbaseline dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan selama 4 hari dan 1 hari evaluasi untuk mengajarkan 10 kata. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan data disajikan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sight word dengan strategi fading pictorial dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak dengan retardasi mental ringan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | HANYA TERSEDIA FILE | ||||||
Uncontrolled Keywords: | membaca; metode sight word; strategi fading pictorial; prompt gambar; anak dengan retardasi mental ringan; meningkat | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs siti muzaroh | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 12:05 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 12:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106691 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |