Yulia Kurniawati (2020) Kebutuhan Informasi Pasien Yang Baru Didiagnosis Diabetes Mellitus Tipe 2. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN SAMPUL)
1. HALAMAN SAMPUL .pdf Download (170kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf Download (61kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2 TINJAUAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB 5 PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
9. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2024. Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
12. SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan: Pasien yang baru didiagnosis Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 dihadapkan dengan kompleksitas perawatan yang membutuhkan edukasi dan manajemen diri yang ketat. Edukasi harus diberikan pada awal diagnosis dan mengawal perjalanan penyakit. Pasien mengeluhkan edukasi yang diterima belum sesuai kebutuhan, belum dapat diimplementasikan, dan cenderung mengulang-ulang materi yang sama. Tujuan penelitian mengeksplorasi kebutuhan informasi pasien yang baru didiagnosis DM tipe 2. Metode: Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisa data menggunakan metode Colaizzi. Hasil: Terdapat 9 tema, yaitu: 1) Keyakinan terhadap diagnosis; 2) Arti penting informasi; 3) Keterjangkauan sumber informasi; 4) Kepercayaan sumber informasi; 5) Pengalaman langsung orang lain; 6) Jenis sumber informasi; 7) Jenis informasi; 8) Metode edukasi; dan 9) Hasil akhir pencarian informasi. Diskusi: Kebutuhan informasi pasien yang baru didiagnosis DM tipe 2 ternyata lebih kompleks dari sekadar kontrol gula darah, diet, pengobatan, dan aktivitas fisik. Kebutuhan informasi pasien meliputi informasi biologis, psikologis, sosial, patofisiologis, perubahan pola hidup, dan administrasi. Pemilihan metode dan sumber informasi bergantung pada fleksibilitas waktu yang dimiliki. Kebutuhan informasi terbentuk dari keyakinan, arti penting informasi, keterjangkauan sumber informasi, kepercayaan sumber informasi, dan pengalaman langsung orang lain. Hasil akhir dari pencarian informasi, tidak hanya kepatuhan terhadap manajemen DM tipe 2 namun pasien juga menyebarkan informasi dan bertanya lagi jika tidak mengerti. Kesimpulan: Kebutuhan informasi pasien adalah holistik, berkesinambungan mulai dari awal diagnosis hingga mengawal perjalanan penyakit, dan edukasi harus berfokus pada kebutuhan pasien. Tenaga kesehatan dapat meningkatkan layanan kesehatan melalui pemberian edukasi yang sesuai dengan isi dan metode edukasi yang dibutuhkan pasien.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKP 14/21 Kur k | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Baru didiagnosis, Diabetes Mellitus tipe 2, Kebutuhan Informasi | |||||||||
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine | |||||||||
Divisions: | 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Sulistiorini | |||||||||
Date Deposited: | 07 May 2021 03:45 | |||||||||
Last Modified: | 07 May 2021 03:45 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106921 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |